Pelaksanaan Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2000 tentang Sumber pendapatan dan kekayaan Desa Pengurusan dan Pengawasannya di Hegarmanah Kecamatan Cidolog Ciamis

Yulia, Dewi Nutqiyati (2006) Pelaksanaan Peraturan Daerah No. 17 Tahun 2000 tentang Sumber pendapatan dan kekayaan Desa Pengurusan dan Pengawasannya di Hegarmanah Kecamatan Cidolog Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover (3).pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (3).pdf

Download (509kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (3).pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1 (3).pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text
5_bab2 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
6_bab3 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text
7_bab4 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB)
[img] Text
8_daftarpustaka (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)

Abstract

Terdapat perbedaan antara bunyi pasal (4) peraturan daerah nomor 17 tahun 2000 dengan pelaksanaannya di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis yang mengalami penurunan pembangunan. Pasal (4) berbunyi: “ sumber pendapatan dan kekayaan desa diurus oleh pemerintahdesa dan dimanfaatkan sepenuhnya untuk kepentingan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di desa”. Hal tersebut berkaitan dengan hasil studi penjajagan penulis di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis yang pada pelaksanaannya telah menunjukkan penurunan pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis tentang sumber pendapatan dan kekayaan desa pengurusan dan pengawasannya, faktor faktor yang menyebabkan perbedaan antara bunyi pasal (4) peraturan daerah nomor 17 tahun 2000 dengan pelaksanaannya yang mengalami penurunan pembangunan, serta untuk mengetahui distribusi, pengurusan dan pengawasan sumber pendapatan dan kekayaan desa hubungannya dengan fiqih siyasah maliyah. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa pengaturan pelaksanaan distribusi, pengurusan dan pengawasan sumber pendapatan dan kekayaan Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis mengacu pada peraturan daerah nomor 17 tahun 2000 dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan peraturan daerah tersebut di Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis yang mengalami penurunan pembangunan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Dengan metode penelitian ini bermaksud untuk membuktikan kesesuaian antara konsep dengan kenyataan yang teijadi di masyarakat dalam hal pendapatan Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis. Data yang ditemukan menunjukkan bahwa pelaksanaan distribusi, pengurusan dan pengawasan sumber pendapatan dan kekayaan Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis telah diimplementasikan dalam bentuk kebijakan-kebijakan kepala desa yang tertuang dalam peraturan desa. Namun dalam pelaksanaannya belum dapat direalisasikan dengan baik, karena belum sesuai dengan teori fikih siyasah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa secara umum pelaksanaan distribusi, pengurusan dan pengawasan sumber pendapatan dan kekayaan Desa Hegarmanah Kecamatan Cidolog Kabupaten Ciamis telah sesuai dengan peraturan daerah nomor 17 tahun 2000. Namun secara khusus teijadinya penurunan pembangunan disebabkan oleh kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas, kepala desa belum bisa menjaiankan amanahnya dengan baik dan warga desa belum memiliki kesadaran dalam menjaiankan kewajibannya untuk taat terhadap pemimpin.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Siyasah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 07 Dec 2023 08:32
Last Modified: 07 Dec 2023 08:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82564

Actions (login required)

View Item View Item