Manajemen pelayanan manasik haji KBIHU al-mufassir

Athrosy, Fahad Luthfira (2023) Manajemen pelayanan manasik haji KBIHU al-mufassir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (721kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan manasik haji merupakan salah satu tugas dan tanggungjawab KBIHU. Bagi sebagian orang, keberhasilan KBIHU seringkali hanya diukur dari tingkat keberhasilan dalam pengelolaan dan pelayanan manasik haji yang hanya dilakukan setahun sekali. Setiap tahun secara bertahap KBIHU Al-Mufassir telah berupaya meningkatkan kualitas pelayanan manasik haji, dimulai dari pendaftaran, pelatihan manasik haji, prosesi haji hingga kepulangan ke tanah air. Namun demikian selalu dijumpai kendala, baik dari internal (dari dalam tim penyelenggara haji) maupun eksternal (calon jamaah haji). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang dilakukan oleh KBIHU Al-Mufassir Kabupaten Bandung. Manajemen pelayanan adalah pengaturan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh KBIHU untuk masyarakat umum yang dilakukan secara optimal, baik langsung maupun tidak langsung melalui unit-unit pelaksana. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini rumusan masalah menjadi pemandu penelitian untuk memotret dan mengeksplorasi situasi sosial yang akan diteliti secara menyeluruh dan mendalam. Teknik pengumpulan data bersifat primer dilakukan dengan observasi dan wawancara, sedangkan data berisfat sekunder didapatkan melalui buku, jurnal, arsip, kepustakaan, dokumentasi, dan internet.Manajemen pelayanan manasik haji KBIHU Al-Mufassir dilihat dari pelayanan perencanaan diantaranya perencanaan yang memudahkan tindakan tercapainya tujuan, lalu perencanaan yang relevan dengan tujuan yang ingin di capai hingga perencanaan memberikan tempat pada pengambilan keputusan atau resiko. Pengorganisasian pelayanan dilaksanakan oleh staf-staf yang berdasarkan keahlian dan kemampuan. Dalam pelaksanaan program pelayanan diberikan dalam bentuk pelayanan lisan, tulisan, dan perbuatan. Pada proses pengawasan dilakukan secara langsung dan tidak langsung yang diawasi oleh ketua KBIHU Al-Mufassir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelayanan; Manasik Haji
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Fahad Luthfira Athrosy
Date Deposited: 24 Nov 2023 01:00
Last Modified: 27 Nov 2023 07:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82570

Actions (login required)

View Item View Item