Pesan edukasi pada harian Pikiran Rakyat : Analisis semiotika pada infografis Covid-19 Pikiran Rakyat edisi Juni — Agustus 2021

Putra, Mochamad Irfan Darma (2022) Pesan edukasi pada harian Pikiran Rakyat : Analisis semiotika pada infografis Covid-19 Pikiran Rakyat edisi Juni — Agustus 2021. Sarjana thesis, UIN SUnan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (363kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy

Abstract

Infografis merupakan bentuk visualisasi data yang menyajikan informasi yang kompleks menjadi mudah dipahami dengan cepat oleh pembaca. Sebagai produk dari media massa, infografis juga perlu memiliki fungsi edukasi bagi khalayak. Karenanya infografis perlu menghadirkan pesan edukasi didalamnya. Penelitian yang membahas persoalan pesan dari tanda kebanyakan dilakukan untuk penelitian foto jurnalistik, tayangan televisi maupun karya sastra, sedangkan infografis masih sedikit dibahas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap bagaimana sign, object dan interpretant pada infografis Covid – 19 dalam menyampaikan pesan edukasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika model Charles Sanders Pierce dengan menggunakan teori segitiga maknanya yakni sign, object dan interpretant. Penelitian ini menggunakan pendeketan kualitatif dan paradigma kritis untuk membantu menemukan makna melalui tanda yang terkadung dalam objek penelitian. Hasil penelitian menunjukan sign dari tanda menunjukan pesan edukasi bahwa vaksin tidak berbahaya, pentingnya gizi seimbang ditengah pandemic, dan pentingnya menggunakan dan memilih masker yang baik. Object infografis menunjukan pesan edukasi pentingnya menjaga asupan gizi ditengah pandemi, edukasi bentuk masker yang digunakan, cara mengolah limbah masker, pentingnya mencuci tangan dengan sabun dan cara melakukan proning Interpretant berisi pesan edukasi dalam memilih masker yang terpercaya, pangan yang sesuai dengan kebutuhan gizi masyarakat ditengah pandemi, langkah yang dilakukan apabila saturasi oksigen rendah selain menggunakan tabung, syarat vaksin dan mekanisme pelayanan vaksin, mengelola limbah masker yang baik, edukasi terkait tingkat bahaya dan pengenalan level bahaya di Jawa Barat, mencuci tangan yang baik aturan penyelanggaran Liga 1 dan Liga 2 bagi tim maupun masyarakat sebagai pendukung tim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pesan Edukasi; Infografis; Covid-19; Semiotika
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Communications Telemunications
Education, Research of Arts
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Mochamad Irfan Darma Putra
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:34
Last Modified: 27 Nov 2023 07:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82589

Actions (login required)

View Item View Item