Pengaruh pola asuh Murabbi terhadap perkembangan remaja santri : Penelitian di Pondok Pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri Bandung

Zamiludin, Zarfan (2023) Pengaruh pola asuh Murabbi terhadap perkembangan remaja santri : Penelitian di Pondok Pesantren Persatuan Islam 84 Ciganitri Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)

Abstract

Masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa, usia dimana anak-anak tidak lagi merasa dibawah tingkat orang-orang yang lebih tua melainkan berada dalam tingkatan yang sama, sekurang-kurangnya dalam masalah. Integrasi dalam masyarakat (dewasa) mempunyai banyak aspek efektif, kurang lebih berhubungan dengan masa puber, termasuk juga perubahan intelektual yang mencolok. Penelitian ini bertujuan untuk mennggambarkan bagaimana pola asuh murabbi di PPI 84 Ciganitri, kemudian menjelaskan tentang bagaimana perkembangan santri remaja di PPI 84 Ciganitri, serta menganalisis seberapa besar pengaruh pola asuh murabbi terhadap perkembangan santri remaja di PPI 84 Ciganitri. Penelitian ini didasarkan pada dua teori, pertama tentang pola asuh. Kuhn dalam Mahmud, dkk. (2013: 150) berpendapat bahwa pola asuh menurutnya adalah sikap orangtua dalam berhubungan dengan anakanaknya. Sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu: dari cara orangtua menerapkan berbagai peraturan kepada anak, memberikan hadiah dan hukuman, dan dalam memberikan tanggapan kepada anak. Teori yang kedua yaitu tentang perkembangan remaja yang dikemukakan oleh Salzamaman, remaja merupakan masa perkembangan sikap tergantung terhadap orang tua kearah kemandirian, minat-minat seksual, perenungan diri dan perhatian terhadap nilai-nilai estetika dan norma-norma. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui instrumen penelitian berupa angket/kuesioner lewat angket yang dibagikan kepada 80 responden. Hasil uji analisi dihitung melalui bantuan dari SPSS versi 16 dengan berbagai uji yang dilakukan yaitu Uji Correlation Pearson, Uji Regresi Linier Sederhana dan Uji Koefisiensi Determinasi (r2). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pola asuh murabbi berpengaruh terhadap perekembangan remaja santri. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji koefisiensi determinasi (r2) yang menunjukan nilai r2 sebesar 0.831. Artinya, sebesar 83.1 % perkembangan santri remaja dipengaruhi oleh pola asuh murabbi. Sisanya 16,9% dipengaruhi oleh oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh; Murabbi; Remaja
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Zamiludin Zarfan
Date Deposited: 04 Dec 2023 01:30
Last Modified: 04 Dec 2023 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82615

Actions (login required)

View Item View Item