Penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlaq : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Ibun, Kabupaten Bandung

Sofiah, Sofiah (2023) Penerapan metode PQRST (Preview, Question, Read, Summarize, Test) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlaq : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Ibun, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang dilaksanakan di MI Al-Hidayah Ibun ditemukan masalah pada hasil belajar siswa pada pembelajaran akidah akhlak. Dengan indikator hasil belajar siswa yaitu, Mengetahui, Memahami, Mengaplikasikan , Mengevaluasi dan Mencipta. Hal ini terlihat masih terdapat siswa yang belum mampu memberikan jawaban terhadap soal yang telah diberikan berdasarkan indikator hasil belajar tersebut. Hal ini terjadi karena pembelajaran yang monoton tanpa menggunakan metode dan media yang mendukung pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode (Preview, Question, Read, Summarize, Test). Karena dalam pembelajaran ini siswa dituntut aktif mengikuti pembelajaran dengan tahapan-tahapan metode PQRST yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil belajar siswa setelah digunakannya metode PQRST mengalami peningkatan. Hal ini berdasarkan hasil tes pada siklus I dan II diperoleh rata-rata nilai 64 dan 65 dengan persentase ketuntasan klasikal pada siklus I dan II yaitu 45% dan 68%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode PQRST pada pembelajaran akidah akhlak kelas IV MI Al-Hidayah Ibun dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode PQRST; Hasil belajar; pembelajaran akidah akhlak.
Subjects: Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sofiah Sofiah
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:31
Last Modified: 27 Nov 2023 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82621

Actions (login required)

View Item View Item