Partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong pembangunan infrastruktur desa : Studi deskriptif tentang partisipasi masyarakat desa Gelarpawitan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Nurdiana, Egi (2023) Partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong pembangunan infrastruktur desa : Studi deskriptif tentang partisipasi masyarakat desa Gelarpawitan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarfustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)

Abstract

Partisipasi masyarakat merupakan isu yang relevan dalam kegiatan gotong royong pembangunan infrastruktur di Desa Gelarpawitan, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Tingkat partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa menjadi perhatian utama, dan kurangnya partisipasi masyarakat merupakan tantangan yang perlu diatasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) partisifasi masyarakat Desa Gelarpawitan dalam proses pembanguan,2) faktor-faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong di Desa Gelarpawitan, 3) bentuk bentuk partisipasi masyarakat dalam kegiatan gotong royong pelaksanaaan pembangunan infrastruktur di Desa Gelarpawitan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Partisipasi dari Keith Davis. Teori Partisipasi menjelaskan keterlibatan mental atau pikiran dan emosi atau perasaan seseorang di dalam situasi kelompok yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan kepada kelompok dalam usaha mencapai tujuan serta turut bertanggung jawab terhadap usaha yang bersangkutan yang ada di lingkungan masyarakat yang di mana adanya ketertinggalan informasi dikarenakan adanya hambatan hambatan di lingkungan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling serta wawancara mendalam. Teknik analisis data yaitu data direduksi, penyajian data, lalu kesimpulan/verifikasi. Tempat penelitian Desa Gelarpawitan, Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur. Hasil penelitian ini diproleh bahwasanya masyarakat Desa Gelarpawitan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur menunjukan sebagai berikut: pertama, keterlibatan masyarakat dalam kegiatan gotong royong pembangunan di Desa Gelarpawitan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pemanfataan hasil. Kedua, Faktor internal aspek-aspek yang berasal dari dalam desa itu sendiri, Faktor eksternal hambatan dalam pembangunan Desa Gelarpawitan kurangnya perhatian dari pemerintah pusat Ketiga, bentuk bentuk partisipasi masyarakat dalam pembangunan yaitu: partisipasi pikiran, partisipasi keahlian dan partisipasi barang. Terlaksananya pembangunan tersebut selain ikut terlibat masyarakat. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat ikuit andil dan aktif dalam kegiatan gotong royong pembanguanan infrastuktur Desa Gelarpawitan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Infrastuktur; Partisipasi; Mayarakat
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Communities > Villages
Communities > Suburban Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Egi Nurdiana
Date Deposited: 27 Nov 2023 00:36
Last Modified: 27 Nov 2023 00:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82628

Actions (login required)

View Item View Item