Tinjauan Maqashid Syariah mengenai Childfree : Analisis perbandingan fatwa Dar Al-Ifta Mesir dan Fatwa Dar Al-Ifta Yordania

Aufia Hanifa, Tasnim (2023) Tinjauan Maqashid Syariah mengenai Childfree : Analisis perbandingan fatwa Dar Al-Ifta Mesir dan Fatwa Dar Al-Ifta Yordania. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Fenomena childfree cukup menuai perdebatan di indonesia karena dianggap bertentangan dengan dengan pemikiran masyarakat Indonesia yang beranggapan bahwa setiap pasangan yang menikah harus memiliki anak. Childfree juga bertentangan dengan syariat agama islam dan anjuran Nabi Muhammad SAW dalam upaya meneruskan keturunan. Jika melihat tujuan dari Undang-Undang Perkawinan Nomor 1 Tahun 1974 yaitu pembentukan keluarga yang Bahagia itu erat hubungannya dengan keturunan, dimana pemeliharaan dan Pendidikan anak-anak menjadi kewajiban orangtua. Oleh karena itu perkawinan untuk kebahagiaan suami istri untuk menghasilkan anak dan untuk menegakan agama dalam suatu kesatuan keluarga. Penyusunan ini bertujuan untuk pertama, mengetahui pemikiran para penggiat media sosial terhadap fenomena childfree, dan yang kedua menganalisis perbandingan fatwa dar al-ifta mesir dan fatwa dar al-ifta yordania mengenai fenomena Childfree. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah maqashid al syari’ah demi menjaga kemaslahatan umat yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga keturunan, menjaga akal, dan menjaga harta guna mewujudkan kebaikan sekaligus menghindarkan keburukan, atau menarik manfaat dan menolak madharat. Metodologi penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yang menjelaskan bagaimana realitas dan fenomena yang terjadi dilingkungan dengan menggunakan Teknik penelitian kualitatif, atau analisis dan identifikasi solusi atas fenomena yang terjadi. Dapat disimpulkan bahwa childfree apabila ditinjau dari maqashid syariah mencakup lima hal yaitu 1) menjaga agama (hifz al-din) dalam upaya menjaga agama melalui berketurunan sehingga childfree menjadi tidak relevan. 2) menjaga jiwa (hifz al-nafs) hal ini berhubungan dengan menjaga kelestarian spesies manusia sehingga setara dengan menjaga nyawa. 3) menjaga keturunan (hifz al-nasl) melestarikan spesies manusia merupakan sebuah upaya agar manusia tetap berketurunan. 4) menjaga akal (hifz al-‘aql) merupakan sebuah sarana bagi kecerdasan manusia yang seharusnya dilindungi melalui keturunan. 5) menjaga harta (hifz al-mal) tidak ada yang meneruskan harta apabila tidak memliki keturunan dan hal ini menjadi faktor ketersediaan nya kekayaan. Hukum fenomena childfree dalam perspektif lembaga fatwa masih ikhtilaf. Dalam sudut pandang lembaga fatwa, hasil fatwa Lembaga Dar al-Ifta Mesir menyebutkan bahwa hukum childfree adalah boleh karena diqiyaskan dengan hukum ‘azl. Sedangkan fatwa Dar al-Ifta Jordan menyebutkan bahwa hal ini tidak diperbolehkan karena menyalahi maqashid syariah dalam pernikahan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Childfree; Maqashid Syariah; Fatwa Dar Al-ifta Mesir; Fatwa Dar Al-Ifta Yordania
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Culture and Institutions > Family
Vocal Music > Children's Voices
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Perbandingan Madzhab dan Hukum
Depositing User: Tasnim Aufia Hanifa
Date Deposited: 27 Nov 2023 00:42
Last Modified: 27 Nov 2023 00:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82630

Actions (login required)

View Item View Item