Komunikasi anggota ekstrakurikuler Marching Band dalam meningkatkan solidaritas sosial : Penelitian di SMP Negeri 1 Lebaksiu, Kabupaten Tegal

Has, Fatihul Barki (2023) Komunikasi anggota ekstrakurikuler Marching Band dalam meningkatkan solidaritas sosial : Penelitian di SMP Negeri 1 Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (153kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)

Abstract

SMP Negeri Lebaksiu 1 Kabupaten Tegal ialah salah satu sekolah yang mengadakan ekstrakurikuler marching band. SMP Negeri 1 Lebaksiu merupakan salah satu sekolah yang ada ekstrakurikuler marching band nya sudah lama berdiri dari tahun 2001. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang terbentuknya ekstrakurikuler marching band SMP Negeri 1 Lebaksiu, tentang bagaimana komunikasi yang dilakukan ekstrakurikuler marching band SMP Negeri 1 Lebaksiu dalam membentuk solidaritas sosial, cara anggota ekstrakurikuler marching band SMP Negeri 1 Lebaksiu menjaga solidaritasnya dan factor pendukung serta factor penghambatnya. Teori yang digunakan yakni Teori Solidaritas Durkheim yang membentuk dua perbedaan dalam menganalisa masyarakat yaitu solidaritas mekanik dan solidaritas organik. Solidaritas mekanik merupakan solidaritas yang didasari oleh kesadaran kolektif/bersama yang merujuk pada kepercayaan yang sama. Metode penelitian yang digunakan yaitu Metode deskriptif merupakan penelitian yang menggambarkan suatu gejala atau peristiwa, penelitian ini memfokuskan kepada masalah-masalah yang aktual sesuai dengan permasalahan yang berlangsung. Data dihasilkan berdasarkan pengumpulan data primer dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selain itu dilengkapi juga dengan data sekunder berupa referensi dalam bentuk buku-buku yang relevan dengan tema penelitian untuk mendukung data-data di lapangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa, Solidaritas ekstrakurikuler marching band SMP Negeri 1 Lebaksiu terbentuk atas dasar kesamaan hobi mereka terhadap musik. Dengan diadakan kegiatan rutin latihan seminggu setiap hari kamis diantara anggota, menjadikan mereka saling mengenal satu sama lain dan dapat menjalin silaturahmi lebih luas lagi, selain itu kegiatan story telling yang dilakukan juga ikut serta dalam membentuk sikap solidaritas pada anggota ekstrakurikuler marching band. Kata Kunci :Komunikasi, Marching Band, Solidaritas Sosial.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Marching Band; Solidaritas Sosial
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: M. Fatihul Barki Has
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:01
Last Modified: 27 Nov 2023 03:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82638

Actions (login required)

View Item View Item