Pengaruh Cash Turnover (CTO) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. periode 2013-2022

Khamil, Mohamad Fitrah (2023) Pengaruh Cash Turnover (CTO) dan Inventory Turnover (ITO) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI): Studi di PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan bisnis yang semakin kompetitif dan dinamis, Perusahaan harus dapat menghasilkan laba yang sehat dan berkelanjutan dengan melakukan efisiensi dalam penggunaan aktivitas operasionalnya. Terdapat komponen aktivitas yang dapat mempengaruhi tingkat Net Profit Margin, komponen tersebut yaitu Cash Turnover dan Inventory Turnover. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) gambaran Cash Turnover, Inventory Turnover dan Net Profit Margin pada PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk; 2) pengaruh Cash Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin ; 3) pengaruh Inventory Turnover secara parsial terhadap Net Profit Margin; 4) pengaruh Cash Turnover dan Inventory Turnover secara simultan terhadap Net Profit Margin pada PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. Periode 2013-2022. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini merujuk pada teori yang menyatakan bahwa Cash Turnover dan Inventory Turnover akan dapat berpengaruh baik dalam mendorong peningkatan Net Profit Margin, dimana ketika Cash Turnover naik, maka Net Profit Margin juga akan naik, begitu pula ketika Inventory Turnover naik, maka Net Profit Margin juga akan naik, dan seperti itu sebaliknya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan tahunan yang telah dipublikasikan oleh PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. periode 2013-2022. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis koefisien determinasi, dan analisis hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) gambaran Cash Turnover, Inventory Turnover dan Net Profit Margin selalu bergerak fluktuatif, hal ini dibuktikan dengan pergerakannya yang tidak selalu searah; 2) Secara parsial, Cash Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu -1,604 < 2,306 dengan signifikansi 0,147 > 0,05; 3) Secara parsial, Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung < ttabel yaitu -0,831 < 2,306 dengan nilai signifikansi 0,321 > 0,05: 4) Secara simultan, Cash Turnover dan Inventory Turnover tidak berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin, hal ini dibuktikan dengan nilai Fhitung dan Ftabel 1,901 < 4,737.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cash Turnover; Inventory Turnover; Net Profit Margin
Subjects: Accounting
Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Mohamad Fitrah Khamil
Date Deposited: 27 Nov 2023 02:48
Last Modified: 27 Nov 2023 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82644

Actions (login required)

View Item View Item