Pola komunikasi dakwah dalam aktivitas Khitobah Ta’tsiriyah terhadap remaja : Studi deskriptif pada komunitas One Ummah Movement dan Remaja di Masjid Al Maksudi, Gedebage, Bandung

Nabilah, Alvina Widadjananti Nabilah (2023) Pola komunikasi dakwah dalam aktivitas Khitobah Ta’tsiriyah terhadap remaja : Studi deskriptif pada komunitas One Ummah Movement dan Remaja di Masjid Al Maksudi, Gedebage, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (379kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas khitobah ta’tsiriyah merupakan bagian dari kegiatan khitobah atau tabligh melalui media mimbar yang menjadi salah satu metode dakwah paling terkenal ditengah masyarakat Indonesia, namun nyatanya aktivitas ini kerap tidak mengalami modifikasi dalam mengikuti alur perkembangan zaman hingga terkesan monoton dan tidak menarik terutama pada kalangan remaja. One Ummah Movement merupakan komunitas anak muda yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan, sosial dan kemanusiaan yang memiliki semangat untuk merangkul seluruh lapisan masyarakat di Indonesia melalui program yang ramah anak muda. Penelitian ini memiliki tujuan diantaranya untuk mengetahui; (1) pola komunikasi linguistik dalam penyampaian khitobah ta’tsiriyah terhadap remaja di One Ummah Movement; (2) pola komunikasi simbolik dalam penyampaian khitobah ta’tsiriyah terhadap remaja di One Ummah Movement; (3) pola komunikasi emosional dalam penyampaian khitobah ta’tsiriyah terhadap remaja di One Ummah Movement. Teori yang digunakan adalah teori interaksi simbolik yang dipelopori oleh George Herbert Mead (1845-1929) yaitu “Mind. Self, and Society”. Penelitian ini berdasarkan ciri-ciri utama dari teori interaksi simbolik dalam sub pembahasan mengenai karakter yakni Linguistik, Emosional dan Simbolik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan paradigma post positivisme yang menekankan pada pentingnya pemahaman realitas dalam konteks ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahap data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing / verification (kesimpulan) untuk mengetahui pola komunikasi dakwah dalam aktivitas khitobah ta’tsiriyah yang dilakukan oleh One Ummah Movement pada kegiatan kajian di Masjid Al Maksudi.Hasil penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi dakwah dari One Ummah Movement dalam aktivitas khitobah ta’tsiriyah terhadap remaja berdasarkan linguistik, simbolik, dan emosional yaitu: (1) penyesuaian pemilihan bahasa pengantar dan gaya bahasa dalam komunikasi linguistik sesuai segmentasi anak muda, penggunaan bahasa yang cerdas dan adaptif dalam meningkatkan efektivitas khitobah ta’tsiriyah (2) penggunaan komunikasi simbol sebagai identitas dan promosi aktivitas khitobah ta’tsiriyah, Penggunaan simbol-simbol baik dalam simbol berbentuk fisik maupun dalam bentuk media sosial (3) Upaya menjalin keutuhan komunitas One Ummah Movement menggunakan pola komunikasi emosional, berperan dalam menciptakan kedekatan antar elemen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Khitobah ta’tsiriyah; Pola Komunikasi; Dakwah; Komunitas; One Ummah Movement
Subjects: Psychology > Organization and Management of Psychology
Religious Education
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: alvina widadjananti nabilah
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:41
Last Modified: 27 Nov 2023 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82676

Actions (login required)

View Item View Item