Peran Aparatur Desa dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula Lulusan SD pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Cipeuyeum tahun 2019

Agni, Alifan Muhamad (2023) Peran Aparatur Desa dalam meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula Lulusan SD pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Cipeuyeum tahun 2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Aparatur Desa merupakan pegawai yang bekerja pada bidang pemerintahan, yang bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas salah satunya yaitu meningkatkatkan partisipasi politik kepada masyarakat. Masyarakat di Desa Cipeuyeum termasuk ke dalam tingkat pendidikan yang rendah, yang dimana pendidikan sekolah dasar mempunyai lulusan terbanyak di Desa Cipeuyeum, yaitu sebanyak 2331 orang dan 20 pemilih pemula.Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Aparatur Desa dalam meningkatkan Partisipasi Politik pemilih pemula lulusan sekolah dasar pada pemilihan Kepala Desa di Desa Cipeuyeum pada tahun 2019. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori partisipasi politik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode kualitatif dengan analisis deskriptif yang dimana mengumpulkan suatu data deskriptif dan menjelaskan tentang sesuatu yang sedang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Aparatur Desa meningkatkan partisipasi politik pemilih pemula lulusan SD dengan cara sosialisasi door to door, memberikan pengarahan khusus dan melibatkan pemilih pemula dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Desa. Ketika melaksanakan tiga hal tersebut, terdapat berbagai kendala yang dihadapi Aparatur Desa Cipeuyeumm, baik dari faktor internal maupun faktor eksternal dari pemilih pemula lulusan sekolah dasar itu sendiri sehingga 20 orang dari pemilih pemula tersebut tidak semuanya bisa mengikuti jalannya pemilihan Kepala Desa di Desa Cipeuyeum pada Tahun 2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aparatur Desa; Partisipasi Politik; Pemilih Pemula; Lulusan SD
Subjects: Political dan Government Science > Political Situation and Condition in Indonesia
Civil Rights > Citizen Participation
International Relations > Diplomacy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Alifan Muhamad Agni
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:45
Last Modified: 29 Nov 2023 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82742

Actions (login required)

View Item View Item