Tradisi kawin cerai pada masyarakat desa ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang (studi kasus di desa ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang tahun 2004)

Hamidiah, Husunul (2006) Tradisi kawin cerai pada masyarakat desa ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang (studi kasus di desa ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang tahun 2004). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover (2).pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak (2).pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi (2).pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1 (2).pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
5_bab2 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
6_bab3 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
7_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)
[img] Text
8_daftarpustaka (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)

Abstract

Tradisi kawin cerai adalah sebuah fenomena yang sudah tidak asing lagi di kalangan raasyarakat Desa Ciptamarga, kebiasaan ini telah berlangsung turun temurun hingga sekarang, hal ini karena disebabkan tibanya musim panen dan pacekiik. Musim paceklik akibatnya sangat terasa dikalangan masyarakat yang berpenghasilan rendah, terutama menyangkut masalah perekonoinian, yang berakibat tidak harmonisnya sebuali ikatan rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab tradisi kawin cerai dan untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum Islam terhadap prilaku kawin cerai musiinan yang terjadi pada masyarakat Desa Ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang.pada tahun 2004 di Desa Ciptamarga. Penelitian ini bertolak dari penilain peneliti, bahwa untuk membina kerukunan dalam sebuah mahligai rumah tangga dibutuhkan berbagai macam keperluan hidup, baik yang berupa fisik maupun non fisik. Bila keperluan hidup tersebut terpenuhi, maka kehidupan rumah tangga rukun dan damai. Namun, apabila kebutuhan hidup rumah tangga tidak terpenuhi, ini dapat menimbulkan ketidakharmonisan sehingga mengakibatkan perceraian, karena bagaimanapun masalah ekonomi merupakan salah satu faktor penunjang dalam kehidupan rumah tangga. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode studi kasus. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi kepustakaan guna untuk menunjang teori-teorinya yang relevan mengenai pembahasan. Dengan demikian, maka diperoleh hasil dari penelitian yang menunjukan bahwa tradisi kawin cerai di Desa Ciptamarga kecamatan Jayakerta kabupaten Karawang karena diakibatkan musim paceklik yang melanda, sehingga perkonomian keluarga lemah dan tanpa disadari bibit-bibit keretakan dalam rumah tangga mulai tumbuh dan tidak adanya kesadaran diantara mereka berdua, sehingga mengakibatkan perceraian. sedangkan perkawinan sering mereka lakukan pada musim panen tiba, dengan anggapan musim panen merupakan musim yang baik untuk melakukan perkawinan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Keluarga dan Hukum Perkawinan, Pernikahan menurut Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 06 Dec 2023 01:52
Last Modified: 06 Dec 2023 01:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82791

Actions (login required)

View Item View Item