Analisis putusan Pengadilan Negeri no. 96/Pid.Sus/2022/Pn Tpg tentang Sanksi Tindak Pidana Pemerkosaan oleh Ayah Kandung terhadap anak di bawah umur perspektif Hukum Pidana Islam

Adji, Ahmad Hazel Deandra Putra Tertia (2023) Analisis putusan Pengadilan Negeri no. 96/Pid.Sus/2022/Pn Tpg tentang Sanksi Tindak Pidana Pemerkosaan oleh Ayah Kandung terhadap anak di bawah umur perspektif Hukum Pidana Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (92kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (250kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)

Abstract

Dalam penelitian ini, bahwasanya telah terjadi Tindak Pidana Pemerkosaan yang dilakukan oleh ayah terhadap anak kandungnya sendiri di mana masih terhitung masih di bawah umur yang terjadi di daerah Tanjung Pinang pada Tahun 2022. Dari dilakukannya penelitian ini dimaksudkan agar dapat mencapai target yang diharapkan yaitu: 1) Mengetahui Apa Saja unsur dan sanksi Tindak Pidana Pemerkosaan anak di bawah umur oleh ayah kandung di dalam putusan Pengadilan Negeri No. 96/Pid.Sus/2022/PN Tpg, 2) Mengetahui sanksi tindak pidana pemerkosaan anak di bawah umur dalam perspektif hukum pidana Islam, 3) Mengetahui Relevansi Sanksi tindak pidana pemerkosaan anak di bawah umur oleh ayah kandung di dalam putusan Pengadilan Negeri No.96/Pid.Sus/2022/PN Tpg dengan Perspektif Hukum Pidana Islam. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini yaitu memakai teori gabungan dan teori pemidanaan Islam untuk mencapai keadilan serta kemaslahatan masyarakat dalam aspek memelihara keturunan. Ketenuan ini dimuat dalam UU KUHP Pasal 287 ayat 1 Tentang Pemerkosaan Anak Dibawah Umur, UU No.35 Tahun 2014 Pasal 82 Ayat 2 Tentang Perlindungan Anak, serta dalam Hukum Pidana Islam terdapat dalam al-Qur’an dan Hadits sanksi yaitu jarimah had muhson dan ghairu muhson dalam tindak pidana zina. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif dengan jenis data kualitatif. Sumber data menggunakan data primer dengan mengambil dari fenomena kasus yang viral di sosial media dan aturan perundang-undangan, serta menggunakan data sekunder dengan mengambil beberapa data yang berkaitan dengan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deduktif yang diartikan sebuah bentuk kegiatan berpikir yang dilakukan dengan cara berpikir dari rumusan masalah yang bersifat umum kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus Hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa: 1). Unsur dan sanksi perkosaan memiliki kesamaan dengan unsur-unsur perzinaan, yaitu adanya persetubuhan yang diharamkan disertai niat atau sengaja, wanita yang disenggamai itu tidak memiliki ikatan tali perkawinan dengan laki-laki tersebut, pelaku persetubuhan orang mukallaf (orang yang sudah baligh atau dewasa), adanya kekerasan atau paksaan. 2). Hukuman untuk zina dalam hukum Islam dapat beragam tergantung pada berbagai faktor, termasuk yurisdiksi dan interpretasi hukum Islam yang berlaku. Dalam beberapa kasus, terutama untuk zina muhsan, hukuman yang diberlakukan bisa termasuk hukuman cambuk atau bahkan hukuman mati dalam beberapa yurisdiksi yang menerapkan hukum Hudud secara ketat. 3). Terdapat perbedaan antara putusan Hukum Hakim yang dijatuhkan kepada terdakwa, dengan hukuman Menurut UU No 35 Thn 2014 Pasal 76E yang tertera juga didalam Putusan No96/Pid.Sus.2022/PN TPG.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sanksi pidana pemerkosaan; ayah kandung; anak di bawah umur
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Perbandingan Hukum Pidana Islam dengan Hukum Lain
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ahmad Hazel Deandra
Date Deposited: 04 Dec 2023 02:34
Last Modified: 04 Dec 2023 04:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82804

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item