Tradisi sedekah kampung dalam menjaga kerukunan umat beragama : Kajian kearifan lokal Kampung Kapitan Palembang

Pahlevi, Andika Tegar (2023) Tradisi sedekah kampung dalam menjaga kerukunan umat beragama : Kajian kearifan lokal Kampung Kapitan Palembang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
COVER THESIS.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK THESIS.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI THESIS.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I THESIS.pdf

Download (763kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA THESIS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)

Abstract

Belakangan ini tradisi dianggap sebagai praktik kuno dan ketinggaan zaman. Padahal di sisi lain, tradisi merupakan kearifan lokal yang dapat menyatukan semua unsur elemen nasyarakat yang kemudian hidup rukun dan damai. Berangkat dari permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk mengangkat dan meneliti lebih dalam mengenai dampak tradisi kebudyaaan untuk kekuatan kerukunan dan perekat hubungan sosial. Penulis mengambil subjek penelitian mengenai tradisi sedekah kampung yang berada di Kampung Kapitan Palembang. Kampung ini merupakan kampung majemuk dan heterogen tetapi dapat hidup bersatu tanpa adanya gesekan perselisihan. Adapun rumusan masalah yaitu, pertama menggambarkan bagaimana kondisi kerukunan yang terjadi. Kedua melihat pelaksanaan sedekah Kampung Kapitan. Ketiga, faktor yang menjadi penyebab terjaganya kerukunan. Dalam hal ini, penulis menggunakan pendekatan Sosiologi Agama dengan penggunaan teori perekat sosial yang kemudian dihubungkan dengan kerukunan. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder sebagai penunjang dalam memperoleh data. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, Terdapat beberapa macam jenis bentuk kerukunan yang terjadi di Kampung Kapitan yaitu kerukunan antar intern umat masing-masing satu agama dengan bentuk ukhuwah islamiah antar sesama, kerukunan antar umat yang berbeda agama dengan bentuk toleransi, melakukan kegiatan secara bersama-sama dan kerukunan umat agama dengan pemerintah dengan melibatkan pemerintah dalam semua rangkaian kegiatan keagamaan agar terciptanya hubungan kedekatan yang berdampak pada terciptanya kerukunan. Pelaksanaan sedekah kampung dapat menumbuhkan sikap kebersamaan dan kekeluargaan yang memiliki dampak positif terhadap menumbuhnya sikap kerukunan dan keharmonisan. Ditemukan beberapa faktor penyebab terjaganya kerukunan umat beragama yaitu adanya pondasi dasar kedekatan sosial yang kemudian menjadi perekat dalam terbentuknya sifat toleransi, menghargai kebebasan beragama, menghargai umat agama lain dan berfikir secara positif. Yang mana keempat unsur tersebut sangat relevan dalam merawat serta menjaga kerukunan umat beragama di Kampung Kapitan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tradisi lokal; fenomena sosial; kebebasan beragama; kerukunan
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Islam tentang Agama dan Aliran Lain, Hubungan Islam dengan Agama dan Aliran Lain
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Studi Agama Agama
Depositing User: Andika Tegar Pahlevi
Date Deposited: 04 Dec 2023 04:08
Last Modified: 04 Dec 2023 04:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82832

Actions (login required)

View Item View Item