Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) berbantu media Nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem saraf

Fahrunnisa, Sela (2023) Pengaruh model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, dan Extending (CORE) berbantu media Nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem saraf. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan aspek yang harus dimiliki oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran CORE berbantu media Nearpod terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf. Metode yang digunakan yaitu penelitian quasy eksperimen. Data disebarkan melalui pemberian instrumen berupa lembar observasi, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktivitas guru dan aktivitas siswa memperoleh kriteria sangat baik. Kemampuan berpikir kritis siswa memperoleh nilai N-Gain pada kelas eksperimen 0,70 dengan kriteria tinggi, sedangkan pada kelas kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,64 dengan kriteria sedang. Pengaruh yang dianalisis menggunakan serangkaian uji statistik di antaranya uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran CORE berbantu media Nearpod berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem saraf dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,018 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Adapun hasil uji cohen’s effect size besaran pengaruh pada model pembelajaran CORE terhadap kemampuan berpikir kritis siswa memiliki pengaruh efek sedang dengan nilai 0,594. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model CORE berbantu media Nearpod memperoleh persentase 72,34 dengan kriteria baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Nearpod; Kemampuan Berpikir Kritis; Model CORE; Sistem Saraf
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Septiyani Hastuti
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:19
Last Modified: 05 Dec 2023 06:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82904

Actions (login required)

View Item View Item