Keterlibatan pemilih pemula Desa Karangtanjung pada Pilkada Bandung Barat tahun 2018 : Studi kasus di Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat

Rahmalia, Bintang Suraya (2023) Keterlibatan pemilih pemula Desa Karangtanjung pada Pilkada Bandung Barat tahun 2018 : Studi kasus di Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (477kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB)
[img] Text (BAB IIi)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (833kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Pemilihan umum kepala daerah sebagai sarana demokrasi telah digunakan diberbagai daerah di Indonesia. Melalui Pilkada memungkinkan semua pihak bisa terakomodasi apa yang diinginkan dan dicita-citakan sehingga terwujud kehidupan yang lebih baik. Pemilih pemula merupakan salah satu kategori pemilih yang cukup potensial karena jumlahnya tidak bisa dianggap sepele. Seperti fenomena yang terjadi pada pemilih pemula Desa Karangtanjung, dimana presentase pemilih pemula yang tercatat sudah memakai hak pilihnya di Pilkada yakni berkisar 11,75%. Tentu hal ini menjadi fenomena yang luar biasa karena untuk cakupan desa ternyata kesadaran partisipasi politik nya cukup lumayan tinggi, oleh karena timbul pertanyaan yang menjadi sebab dan faktor keterlibatannya pemilih pemula di Pilkada. Hal demikian merupakan masalah yang melatarbelakangi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana keterlibatan dan faktor apa saja yang mempengaruhi pemilih pemula Desa Karangtanjung pada pelaksanaan Pilkada Bandung Barat tahun 2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori partisipasi politik. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini ialah dengan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui Wawancara, Observasi dan juga studi Dokumentasi. Penggalian sumber data primer melalui wawancara bersumber dari sejumlah informan yang ditentukan melalui purposive sampling. Hasil penelitian ini menggambarkan pertama, proses keterlibatan politik pemilih pemula yang mulai mendapatkan pengetahuan tentang Pilkada itu dari hasil obrolan-obrolan dengan masyarakat sekitar, sekolah, keluarga maupun media internet dan media masa. Kedua, kesadaran perlunya terlibat dalam Pilkada, Pemilih pemula menilai sangat penting dengan keterlibatannya mereka kedalam Pilkada. Ketiga, bentuk keterlibatannya. Bentuk keterlibatan pemilih pemula Desa Karangtanjung mayoritas hanya menjadi pemilih saja karena pada Pilkada tahun 2018 ini menjadi ajang pemilihan yang pertama bagi para pemilih pemula. Adapun terdapat dua faktor yang mempengaruhi keterlibatannya pemilih pemula Desa Karangtanjung pada Pilkada Bandung Barat tahun 2018 yaitu, pertama faktor pendorong : kesadaran politik para pemilih, rasa iingin tahu dan rasa peduli juga kritis. Sedangkan faktor penghambat nya adalah : kesibukan kegiatan sehari-hari dan perasaan tidak mampu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Politik; Pemilih Pemula; Pilkada 2018
Subjects: Culture and Institutions
Depositing User: Rahmalia Bintang Suraya
Date Deposited: 05 Dec 2023 06:21
Last Modified: 05 Dec 2023 06:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82905

Actions (login required)

View Item View Item