Respon siswa terhadap metode talking stick hubungannya dengan minat mereka pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat: Penelitian pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Bandung

Ma'rifah, Alfaridho Bil (2023) Respon siswa terhadap metode talking stick hubungannya dengan minat mereka pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat: Penelitian pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat belajar siswa yang kurang dalam memahami pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat di kelas X SMA Mekar Arum Bandung, padahal guru sudah berusaha meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan metode talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Respon siswa terhadap penggunaan metode talking stick pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat di kelas X SMA Mekar Arum Bandung; (2) Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi Iman kepada Malaikat di kelas X SMA Mekar Arum Bandung; (3) Respon siswa dalam penggunaan metode talking stick hubungannya dengan minat mereka pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat di kelas X SMA Mekar Arum Bandung. Pemikiran di dalam penelitian ini berdasar kepada minat belajar siswa yang bisa dipengaruhi oleh berbagai macam metode yang digunakan, yang salah satunya adalah metode talking stick, oleh karena itu, hipotesis di dalam penelitian ini adalah semakin positif respon siswa terhadap penggunaan metode talking stick maka semakin tinggi minat belajar mereka pada mata peljaran PAI materi iman kepada Malaikat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif kuantitatif merupakan kajian yang penggambaran kondisi pada variabel-variabelnya menggunakan angka-angka, berupa ukuran, jumlah atau frekuensi. Hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: (1) Respon siswa terhadap penggunaan metode talking stick memiliki angka rata-rata 4,01. Angka tersebut berada pada skala interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukan bahwa respon siswa terhadap penggunaan metode talking stick berkategori positif, (2) minat mereka pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat memiliki angka rata-rata 4,06. Angka tersebut berada pada skala interval 3,40 – 4,19. Hal ini menunjukan bahwa minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat berkategori tinggi, (3) Respon siswa terhadap penggunaan metode talking stick hubungannya dengan minat mereka pada mata pelajaran PAI materi iman kepada Malaikat di kelas X SMA Mekar Arum Bandung mencapai 16% dan sisanya 84% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Adapun koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,53 berada pada interval 0,40 - 0,70 menunjukkan korelasi sedang. Hasil perhitungan hipotesis yang diperoleh yaitu T_hitung > T_tabel atau 4,13 > 2,01 maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode talking stick; minat belajar
Subjects: Education > Miscellany of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ma'rifah Alfaridho Bil
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:06
Last Modified: 06 Dec 2023 02:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82926

Actions (login required)

View Item View Item