Implementasi keterbukaan Informasi Publik berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar

Nuraziz, Muhammad Fikri Akbar (2023) Implementasi keterbukaan Informasi Publik berdasarkan Undang-Undang nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (684kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi keterbukaan informasi publik berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar. Dalam realitanya implementasi keterbukaan informasi publik ini masih belum berjalan secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar, mengetahui faktor penghambat dalam proses implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar dan juga mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang menghambat proses implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2018 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Banjar. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa implementasi keterbukaan informasi publik berjalan secara optimal. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Good Governance, Teori Kebijakan Publik dan Teori Evaluasi Kebijakan Publik. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif analisis dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi kepustakaan. Selanjutnya dianalisis secara data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Diskominfo Kota Banjar. Melalui penelitian ini penulis mendapatkan kesimpulan bahwa: Pertama, Implementasi Keterbukaan Informasi Publik di Pemerintah Kota Banjar mengalami peningkatan melalui peningkatan media yang digunakan. Kedua, Ada beberapa faktor penghambat, faktor-faktor yang mempengaruhinya dianalisis dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Van Meter dan Van Horn dengan nama A Model of The Policy Implementation yakni 1. Standar dan Sasaran Kebijakan; 2. Sumber Daya Kebijakan; 3. Karakteristik Pelaksana Kebijakan; 4. Komunikasi Antar Pelaksana Kebijakan; 5. Sikap Para Pelaksana Kebijakan; dan 6. Lingkungan Sosial, Ekonomi dan Politik yang kelima faktor itu memiliki problemnya tersendiri. Ketiga, Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan dalam proses implementasi ini yakni dengan cara menberikan pemahaman kepada badan publik berkaitan dengan Kewajiban badan publik untuk menginformasikan segala hal yang menjadi Informasi Publik kepada masyarakat umum. Disisi lain, perlunya pemberian pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik ini karena merupakan hak daripada masyarakat itu sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Kebijakan Publik; Keterbukaan Informasi Publik;
Subjects: Constitutional and Administrative Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Muhammad Fikri Akbar Nuraziz
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:34
Last Modified: 21 Dec 2023 01:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82970

Actions (login required)

View Item View Item