Pengaruh pemberian limbah media Tanam Jamur Merang (Spent Mushroom Substrate of Straw) terhadap Serangan Ulat Daun (Plutella Xylostella) dan pertumbuhan Tanaman Selada Romaine (Lactuca Sativa var. Romana L)

Amanulliyah, Hanifah Nurul (2023) Pengaruh pemberian limbah media Tanam Jamur Merang (Spent Mushroom Substrate of Straw) terhadap Serangan Ulat Daun (Plutella Xylostella) dan pertumbuhan Tanaman Selada Romaine (Lactuca Sativa var. Romana L). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB) | Request a copy

Abstract

Selada romain yang mengalami fluktuatif, disebabkan karena kurang optimal dalam produksi selada romaine, salah satunya disebabkan oleh serangan hama pada tanaman. Serangan hama yang memberikan dampak yang cukup besar pada tanaman selada romain yaitu hama P.xylostella. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengendalikan serangan hama P.xylostella yaitu dengan memberikan limbah media tanam jamur merang karena mengandung mikroba antagonis yang mampu menginduksi resistensi tanaman dari serangan hama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah media tanam jamur merang yang mampu menekan serangan hama P.xylostella pada selada romain dan aplikasi yang efektif terhadap mortalitas P.xylostella pada pertumbuhan selada romain. Penelitian ini dilakukan di Balai Pengembangan dan Produksi Benih Perkebunan (BPPBP) Sindanglaya, Jalan Arcamanik No. 106, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Februari – Oktober 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK), dengan 6 Perlakuan dan 4 Ulangan yaitu A = Kontrol (hanya investasi hama) ; B = Kontrol (20 g + tanpa hama ; C = 50 ml ; D = 20 g + 50 ml (semprot); E = 20 g + 50 ml (siram) ; F = 20 g + (rendaman benih). Uji lanjut yang digunakan yaitu uji lanjut DMRT (Duncan’s Multiple Range Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa limbah media tanam jamur merang berpengaruh nyata terhadap mortalitas, intensitas serangan, bobot segar brangkasan, jumlah klorofil dan grading. Pemberian limbah jamur merang sebanyak 20 g + penyemprotan 50 ml pada bagian atas tanaman merupakan perlakuan yang terbaik dan efektif terhadap mortalitas dan serangan P.xylostella, pertumbuhan dan hasil selada romaine.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Limbah jamur merang; Plutella xylostella; Selada romaine
Subjects: Plant Injuries
Plant Injuries > Animal Pests
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: hanifah nurul amanulliyah
Date Deposited: 07 Dec 2023 03:12
Last Modified: 07 Dec 2023 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82973

Actions (login required)

View Item View Item