Strategi pondok pesantren Tahfidzul Qur'an Riyadhul Jannah dalam memotivasi hafalan santri : Studi deskriptif pondok pesantren Riyadhul Jannah Ciwidey, Kab. Bandung Barat

Rahayu, Zakiyah (2023) Strategi pondok pesantren Tahfidzul Qur'an Riyadhul Jannah dalam memotivasi hafalan santri : Studi deskriptif pondok pesantren Riyadhul Jannah Ciwidey, Kab. Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4 (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)

Abstract

Latar belakang tulisan skripsi ini, didasarkan pada banyaknya santri yang menghafal Al-Qur’an dengan teknik yang berbeda-beda. Dimulai dari semangat mempelajari Al-Qur’an, menghafal Al-Qur’an, hingga mereka yang tidak semangat dalam menghafal dan mempelajari Al-Qur’an. Motivasi dalam skripsi tersebut, yaitu adanya program-program yang sudah ditentukan oleh para ustadzah yang membuat para santri bisa lebih semangat lagi dalam menghafal dan belajar Al-Qur’an. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi menurut Hamel dan Prahalad merupakan tindakan yang bersifat incremental (senantiasa meningkat) dan terus menerus, yang dilakukan pada sudut pandang tentang apa yang diharapkan oleh para siswa di masa depan. Dengan demikian, strategi terjadinya kecepatan berbagai inovasi hal yang baru dan perubahan pola agar memerlukan kompetensi inti yang dilakukan. Pada penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui teknik mereka dalam menghafal Al-Qur’an dan mengetahui tentang bagaimana mereka bisa semangat dalam menghafal Al-Qur’an. Data-data dalam penelitian ini berbentuk kualitatif berupa data primer dan sekunder yang diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian skripsi ini adalah untuk memotivasi hafalan santri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Riyadhul Jannah dengan memiliki beberapa strategi, yakni langkah-langkah strategi yang dilakukan oleh para ustadzah adalah: Menghargai usaha yang mereka lakukan, mendengarkan keluhan mereka, mengapresiasi usaha yang mereka lakukan, memberi nasehat dan kritik yang membangun, serta menciptakan suasana yang kondusif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi; Hafalan; dan Motivasi
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: zakiyah rahayu rahayu
Date Deposited: 22 Dec 2023 02:02
Last Modified: 22 Dec 2023 02:02
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/82987

Actions (login required)

View Item View Item