Perubahan perilaku masyarakat Petani Kopi pasca meningkatnya perekonomian di Desa Sukaluyu : Penelitian pada gaya hidup masyarakat Petani Kopi di Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Alfitri, Erna Haerunnisa (2023) Perubahan perilaku masyarakat Petani Kopi pasca meningkatnya perekonomian di Desa Sukaluyu : Penelitian pada gaya hidup masyarakat Petani Kopi di Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang perubahan perilaku petani kopi di Desa Sukaluyu yang tercermin dalam berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk diversifikasi mata pencaharian dan perubahan pola konsumsi, didorong oleh peningkatan ekonomi pasca panen dan pengaruh lingkungan sosial serta ekonomi yang mengitarinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi objektif masyarakat petani kopi di Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Selanjutnya untuk menganalisis bentuk perubahan perilaku masyarakat petani kopi Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Selain itu, untuk menganalisis keterkaitan perubahan perilaku petani kopi dengan meningkatnya ekonomi pasca panen di Desa Sukaluyu Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Tindakan Sosial Max Weber, yang menekankan bahwa tindakan individu memiliki makna subjektif bagi diri mereka sendiri dan ditujukan kepada orang lain. Selanjutnya teori Perilaku Konsumtif Sumartono bahwa perilaku konsumtif adalah tindakan untuk membeli suatu barang dengan mengutamakan faktor keinginan (want) daripada faktor kebutuhan (need). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk memberikan gambaran empiris tentang kondisi di lapangan. Data primer diperoleh melalui wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles Huberman, yang mencakup reduksidata, penyajian data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa petani kopi di Desa Sukaluyu mencerminkan kompleksitas perubahan sosial dan ekonomi, dengan pergeseran dalam pola pertanian, struktur sosial, nilai-nilai budaya, dan perilaku konsumtif sebagai dampak utamanya. Perubahan signifikan dalam pola pertanian kopi, di mana petani mengalami pergeseran dari monokultura menuju polikultura untuk mengoptimalkan pendapatan. Terjadi pergeseran dalam struktur sosial petani kopi, dengan penekanan pada diversifikasi mata pencaharian. Petani kopi tidak lagi terfokus pada pertanian kopi saja, tetapi juga menanam komoditas sayuran, menjadi pembisnis ekspor kopi, atau bekerja sebagai pegawai swasta/negeri. Perilaku konsumtif meningkat di kalangan petani kopi, terutama pasca panen kopi yang menguntungkan. Pendapatan yang lebih tinggi memungkinkan mereka untuk terlibat dalam konsumsi yang lebih besar, seperti membeli perabot rumah tangga, alat elektronik, atau kendaraan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Petani Kopi; Perekonomian; Perilaku Konsumtif
Subjects: Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: erna haerunnisa alfitri
Date Deposited: 11 Dec 2023 00:33
Last Modified: 11 Dec 2023 00:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83013

Actions (login required)

View Item View Item