Pemanfaatan ekstrak biji sirsak (Annona muricata) sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kailan (Brassica oleracea var. alboglabra)

Salsabila, Aisyah (2023) Pemanfaatan ekstrak biji sirsak (Annona muricata) sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kailan (Brassica oleracea var. alboglabra). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Kailan (Brassica oleracea var olboglabra) merupakan golongan sayuran berdaun yang banyak dibudidayakan dan dikembangkan di Indonesia. Ulat grayak (Spodoptera litura) menyerang tanaman pada tahap larva dan dapat menyebabkan penurunan hasil bahkan gagal panen. Serangan hama ulat grayak menimbulkan gejala seperti daun sobek, berlubang, hingga mati. Penggunaan pestisida sintetis merupakan salah satu cara mengendalikan hama yang dapat membunuh hama secara efektif, namun penggunaan pestisida sintetis terlalu berlebihan akan menimbulkan permasalahan baru pada komoditas tanaman maupun lingkungan disekitarnya. Pemanfaatan pestisida nabati merupakan pengendalian hama yang dapat diterapkan karena komponen yang berasal dari tumbuhan sehingga lebih ramah lingkungan. Biji Sirsak (Annona muricata) mengandung senyawa aktif yang dapat digunakan sebagai pestisida nabati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekstrak biji sirsak dan konsentrasi yang paling efektif dalam menekan serangan hama ulat grayak (Spodoptera litura) pada tanaman kailan. Adapun metode yang digunakan merupakan metode eksperimental yang terdiri dari dua tahap : (1) Rancangan Acak Lengkap (RAL) untuk uji in vitro terdiri dari enam taraf perlakuan yang diulang sebanyak empat kali, (2) Rancangan Acak Kelompok (RAK) untuk uji in vivo terdiri dari enam taraf perlakuan yang diulang sebanyak empat kali. Berdasarkan hasil penelitian pada uji in vitro konsentrasi ekstrak biji sirsak 50.000 ppm berpengaruh terhadap mortalitas dan bobot pakan Spodoptera litura dan pada uji in vivo pengaplikasian ekstrak biji sirsak berpengaruh terhadap mortalitas dan intensitas serangan Spodoptera litura.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Biji Sirsak; Pestisida Nabati; Spodoptera litura; Tanaman Kailan
Subjects: Plant Injuries > Animal Pests
Plant Injuries > Insect Pests
Plant Injuries > General Topics of Pests and Diseases Control
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Aisyah aisyah salsabila
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:00
Last Modified: 11 Dec 2023 06:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83054

Actions (login required)

View Item View Item