Pengaruh zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan di kabupaten Cianjur

Abdulloh, Muh Ihsan (2023) Pengaruh zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro yang berdampak pada menurunnya angka kemiskinan di kabupaten Cianjur. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (293kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (559kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah dalam pembangunan yang besifat multidimensi karena dalam menanggulanginya masalah yang dihadapi bukan saja terbatas pada hal-hal yang menyangkut hubungan sebab akibat timbulnya kemiskinan tetapi melibatkan juga profesi politik. Di Indonesia, upaya untuk menekan kemiskinan belum menunjukkan capaian yang memuaskan khususnya di Kabupaten Cianjur. Berdasarkan kajian empirik dari beberapa peneliti sebelumnya ada banyak kekosongan penelitian, kekosongan tersebut menjadi daya ungkit peneliti, dan peneliti melihat untuk menekan tingkat kemiskinan ada beberapa faktor yang diharapkan dapat mencapai titik optimal. Beberapa faktor tersebut diantaranya Zakat Produktif dan Pertumbuhan Usaha Mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) Pengaruh zakat produktif terhadap pertumbuhan usaha mikro di Kabupaten Cianjur; (2) Pengaruh pertumbuhan usaha mikro terhadap menurunnya angka kemiskinan di Kabupaten Cianjur (3) Pengaruh zakat produkitf terhadap kemiskinan di Kabupaten Cianjur melalui pertumbuhan usaha mikro sebagai variabel mediasi. Kerangka Pemikiran dalam penelitian ini, bahwa zakat produktif adalah independent variabel yang dapat mempengaruhi kemiskinan sebagai dependent variabel. Kemudian untuk menguji pengaruh independen variabel terhadap dependen variabel tersebut digunakan Pertumbuhan Usaha Mikro sebagai varibel mediasi/interverning. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Kemudian menggunakan analisis uji normalitas data, analisis asumsi klasik dan analisis jalur (path analysis). Analisis pada penelitian ini didukung dengan menggunakan aplikasi SPSS V.25. Sedangkan data yang digunakan adalah data sekunder dari Baznas Kabupaten Cianjur, website Badan Pusat Statistik, dan website dinas koperasi usaha kecil menengah perdagangan dan perindustrian Cianjur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Zakat Produktif terhadap Pertumbuhan Usaha Mikro, karena t hitung lebih kecil dari t table sehingga Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan Pertumbuhan Usaha Mikro terhadap Angka Kemiskinan, karena t hitung lebih besar dari t tabel sehingga Ha diterima. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Zakat Produktif terhadap Angka Kemiskinan melalui Pertumbuhan Usaha Mikro sebagai variabel mediasi, karena t hitung lebih besar dari pada t tabel sehingga Ha diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: zakat produktif; pertumbuhan usaha mikro; kemiskinan
Subjects: Islam
Econmics
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Muh Ihsan Abdulloh
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:31
Last Modified: 11 Dec 2023 06:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83062

Actions (login required)

View Item View Item