Pemanfaatan dana zakat produktif oleh Mustahiq menurut Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus di Rumah Zakat Pusat Kota Bandung, Jl. Batukencana

Maskar, Garyani (2023) Pemanfaatan dana zakat produktif oleh Mustahiq menurut Hukum Ekonomi Syari’ah : Studi kasus di Rumah Zakat Pusat Kota Bandung, Jl. Batukencana. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1.COVER.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK REVISI (5).pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI (2).pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
BAB 2 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
BAB 3 (2).pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
BAB 4 (1).pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB 5 (2).pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
6. DAFTAR PUSTAKA (2).pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LAMPIRAN)
11. lampiran.pdf

Download (199kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menjelaskan mengenai pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahiq menurut Hukum Ekonomi Syari’ah. Zakat produktif merupakan zakat yang diberikan kepada mustahiq dari muzakki yang diperuntukan untuk menstabilkan ekonomi mustahiq dengan memanfaatkannya serta mengelola dana tersebut menjadi modal usaha. Rumah Zakat mempunyai tujuan bahwa mustahiq yang ikut serta dalam program ekonomi ini bisa menstabilkan ekonominya paling cepat kurang lebih dalam satu tahun. Dalam pemanfaatan dana zakat produktif, mustahiq diharapkan dapat mencapai kemandirian secara ekonomi, Maka dari itu Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mengetahui pelaksanaan zakat produktif pada Rumah Zakat Pusat Kota Bandung, (2) untuk mengetahui pemanfaatan dana zakat produktif oleh mustahiq pada RumahZakat Pusat Kota Bandung, (3) untuk mengetahui pandangan hukum ekonomi syari’ah Pandangan Hukum Ekonomi Syari’ah terhadap Pemanfaatan Dana Zakat Produktif oleh Mustahiq pada Rumah Zakat Pusat Kota Bandung. Metode yang digunakan merupakan pendekatan metode kualitatif, deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara kepada narasumber pegawai Rumah Zakat dan juga dengan mengkaji segala literatur yang relevan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menyatakan bahwa menurut Hukum Ekonomi Syari’ah pemanfaatan dana zakat produktif tidak bertentangan dengan hukum Syari’ah, menganut dari teori maqashid syari’ah yang mengedepankan kemasalahatan umat, juga maslahah mursalah bahwa setiap manusia harus mempertahankan kehidupannya yakni bisa dengan cara memanfaatkan dana zakat produktif, menurut ulama dalam mazhab syafi’i, Imam nawawi menyatakan bahwa boleh memanfaatkannya untuk kemaslahatan umat dan menurut Imam Abu Ishaq boleh memanfaatkannya dengan syarat meminta izin kepada mustahiq yang bersangkutan. Hal ini sudah diterapkan dalam pelaksanaan pemanfaatan dana zakat Produktif oleh mustahiq di Rumah Zakat Pusat Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Zakat; Maqashid syari’ah; Maslahah Mursalah
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Fitrah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Mal
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Penerima Zakat, Mustahiq
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Gar yani Maskar
Date Deposited: 11 Dec 2023 06:50
Last Modified: 11 Dec 2023 06:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83064

Actions (login required)

View Item View Item