Peran pekerja sosial dalam menangani klien rehabilitasi sosial: Penelitian Pada Pekerja Sosial Dinas Sosial Kota Bandung

Abdillah, Azif Rachmanizal (2023) Peran pekerja sosial dalam menangani klien rehabilitasi sosial: Penelitian Pada Pekerja Sosial Dinas Sosial Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKS)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy

Abstract

Pada tahun 2020 klien PPKS yang masuk ke dinas sosial Kota Bandung ada 511 dan pada tahun 2021 laporan bulan januari sampai agustus terdapat 214 klien PPKS yang masuk ke dinas sosial Kota Bandung. Hasil observasi peneliti ke kota Bandung masih ada beberapa PPKS seperti gelandangan, anak terlantar, penyandang disabilitas dan jenis PPKS lainnya yang belum terjangkau oleh dinas sosial Kota Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara pekerja sosial memberikan pemahaman kepada masyarakat apabila ada PPKS di lingkungan masyarakat, untuk mengetahui hasil yang sudah dicapai pekerja sosial dalam penanganan gelandangan dan pengemis di Kota Bandung, dan untuk mengetahui penunjang dan penghambat dalam penangan gelandangan dan pengemis oleh pekerja sosial. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsionalisme dari Talcot Parson. Teori ini menyebutkan bahwa terdapat skema untuk struktural fungsional biasa disebut dengan skema A.G.I.L, yaitu Adaptation, Goal Atteintment, Integration, dan Latention. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumenetasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil peneltian ini menunjukkan bahwa pekerja sosial dalam memberikan pemahaman kepada masayrakat apabila ada PPKS di lingkungan masyarakat pekerja sosial melakukan edukasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat dikarenakan tujuan dari rehabilitasi sosial adalah merestorasi martabat dan hak manusia. Kemudian hasil dari penanganan rehabilitasi gelandangan dan pengemis diantaranya adalah peningkatan individu gelandangan dan pengemis, bekerja sama dengan panti rehabilitasi. Terakhir faktor pendukung dalam penangannan rehabilitasi gelandangan dan pengemis diantarya kerjasama dengan lembaga lain, teknologi, dukungan masayrakat, kerjasama dengan komunias dan tokoh masyarakat. Sedangakn faktor penghambat dalam penanganan rehabilitasi gelandangan dan pengemis masih adanya klien yang ketergantungan akan zat adiktif, masih adanya masyarakat yang berpresepsi buruk terhadap gelandangan dan pengemis, keterbatas sumber daya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pekerja sosial; rehabilitasi sosial; gelandangan
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Psychoanalysis
Social Groups
Social Groups > Social Classes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Azif Rachmanizal Abdillah
Date Deposited: 12 Dec 2023 00:53
Last Modified: 12 Dec 2023 00:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83079

Actions (login required)

View Item View Item