Efektivitas konsentrasi dengan interval penyemprotan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Allium Cepa pada pertumbuhan serta hasil tanaman Amaranthus Tricolor

Putri, Delanisa Nurwahidah (2023) Efektivitas konsentrasi dengan interval penyemprotan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Allium Cepa pada pertumbuhan serta hasil tanaman Amaranthus Tricolor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)

Abstract

Tanaman bayam merah (Amaranthus tricolor) varietas BA 285 merupakan tanaman yang memiliki wilayah adaptasi di dataran rendah yang memiliki nilai produksi tinggi, sehingga perlu dilakukan penanaman di berbagai wilayah, termasuk wilayah dataran tinggi untuk memenuhi kebutuhan. Penggunaan zat pengatur tumbuh (ZPT) berbahan dasar bawang merah dapat membantu ketahanan tanaman terhadap cekaman biotik, salah satunya yaitu cekaman suhu rendah karena mengandung hormon auksin, sitokinin, dan ABA yang dapat mempertahankan metabolisme tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari konsentrasi dan interval penyemprotan terbaik terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah. Rancangan percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dengan 10 perlakuan kombinasi antara konsentrasi (K) dengan interval penyemprotan (I) ZPT bawang merah. Analisis data menggunakaan analisis ragam untuk Rancangan Acak Kelompok (RAK). Adapun kombinasi perlakuan terdiri dari A (K 0% + I 0 hari), B (K 3% + I 5 hari), C (K 3% + I 7 hari), D (K 3% + I 9 hari), E (K 5% + I 5 hari), F (K 5% + I 7 hari), G (K 5% + I 9 hari), H (K 7% + I 5 hari), I (K 7% + I 7%), J (K 7% + I 9 hari). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara konsentrasi dengan interval penyemprotan ZPT bawang merah tidak memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah. Belum didapatkan kombinasi antara konsentrasi dengan interval penyemprotan ZPT bawang merah yang memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bayam merah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bayam; Hormon; Interval; Konsentrasi;
Subjects: Production, Industrial Economics > Agriculture
Specific Techniques of Agriculture > Plant Propagation
Specific Techniques of Agriculture > Fertilizers, Growth Regulator
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Delanisa Nurwahidah Putri
Date Deposited: 18 Dec 2023 03:32
Last Modified: 18 Dec 2023 03:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83108

Actions (login required)

View Item View Item