Kaderisasi Partai Politik dan rekrutmen Politik pada Pilkada Jawa Barat 2018 : Studi kasus pengusungan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum

Nurhasanah, Asysyifa (2023) Kaderisasi Partai Politik dan rekrutmen Politik pada Pilkada Jawa Barat 2018 : Studi kasus pengusungan Ridwan Kamil dan UU Ruzhanul Ulum. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_absrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (970kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (981kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena diusungnya Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum pada Pilkada Jawa Barat 2018. Saat itu Ridwan Kamil merupakan non-kader partai politik sementara wakilnya Uu Ruzhanul Ulum berasal dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Pada Pilkada Jawa Barat 2018 pasangan calon ini diusung oleh empat partai politik diantaranya PPP, PKB, Partai Nasdem dan Partai Hanura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola kaderisasi dan proses rekrutmen politik dari keempat partai tersebut sehingga memutuskan untuk mengusung Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum pada Pilkada Jawa Barat 2018. Penelitian ini menggunakan konsep kaderisasi, teori rekrutmen dari Almond dan Powell dan konsep rekrutmen politik berupa jenis rekrutmen dan sumber daya politik untuk menganalisa pola rekrutmen dari partai politik sehingga kandidat non-kader partai politik lebih diutamakan pada Pilkada Jawa Barat 2018.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menyelidiki dan memahami sebuah kejadian atau masalah yang telah terjadi. Adapun yang menjadi sumber data primer dalam penelitian ini adalah para informan dari masing-masing partai pengusung Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum. Penelitian ini menggunakan studi literatur dan wawancara. Adapun teknik analisis datanya dalam penelitian ini menggunakan model versi Miles, Huberman & Saldana. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa PPP merupakan partai yang berhasil melaksanakan kaderisasi karena mampu mengantarkan Uu Ruzhanul Ulum menjadi Calon Wakil Gubernur Jawa Barat 2018. Selain itu Partai Nasdem telah berhasil melakukan rekrutmen politik karena Ridwan Kamil dapat diusung oleh empat partai politik pada Pilkada Jawa Barat 2018. Hal ini merupakan langkah yang pragmatis dari PPP, PKB, Nasdem dan Hanura.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kaderisasi; Rekrutmen Politik; Pilkada Jawa Barat 2018
Subjects: Culture and Institutions > Political Institutions
Political dan Government Science
Civil Rights > Political Rights
Political Process
Political Process > Political Parties
Political Process > Programs and Ideologies of Parties
Political Process > Practical Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Asysyifa Nurhasanah
Date Deposited: 13 Dec 2023 05:13
Last Modified: 13 Dec 2023 05:13
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83125

Actions (login required)

View Item View Item