Fauziah, Hilda Nurul (2023) Pengaruh komunikasi politik Anies Rasyid Baswedan di Instagram terhadap persepsi publik mahasiswa : Studi deskriptif: Organisasi Mahasiswa Daerah Jakarta UIN Sunan Gunung Djati Bandung angkatan 2019-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (744kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (802kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (817kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (968kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (811kB) |
Abstract
Komunikasi politik yang dilakukan oleh Anies Rasyid Baswedan di Instagram ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh yang terjadi antara variable Komunikasi Politik Anies di Instagram (X) terhadap persepsi public mahasiswa (Y) terkait bagaimana setiap informasi yang diunggah kedalam media sosial actor politik dapat membuat serta mengubah suatu persepsi masyarakat termasuk mahasiswa disetiap informasi yang beredar luas terkait kinerjanya. Penelitian ini menggunakan 2 fokus teori yaitu teori use and gratification dari Elihu Kartz dan Herbelrt Blumer, dan teori persepsi public dari Robbins.Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dimana skala pengukuran yang digunakan yaitu skala likert melalui SPSS versi 26 untuk analisis data. Manfaat dari adanya penelitian ini adalah memberikan wawasan keilmuan di bidang sosial dan politik terutama mengenai komunikasi politik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari Komunikasi Politik Anies Baswedan di Instagram terhadap Persepsi Publik Mahasiswa dengan tingkat signifikansi 5% serta pada nilai koefisiensi determinasi R Square sebesar 63,9% yang berarti antara variable X (komunikasi politik) dan Y (persepsi public mahasiswa) memiliki pengaruh yang besar. Dalam hal ini Anies Baswedan berhasil memainkan perannya sebagai aktor politik dalam berkomunikasi politik melalui Instagram. Dengan melakukan komunikasi politik maka para Anies Baswedan telah memulai mendapatkan atensi ataupun branding politic melalui instagram di era digitalisasi ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Politik; Persepsi Publik; Instagram |
Subjects: | Systems > Theory of Communication and Control Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Political dan Government Science > Research and Statistical Methods Political Process > Practical Politics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Hilda Nurul Fauziah |
Date Deposited: | 14 Dec 2023 01:28 |
Last Modified: | 14 Dec 2023 08:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83126 |
Actions (login required)
View Item |