Analisis pertimbangan Hhakim tentang pembagian harta bersama di Pengadilan Agama Kupang NTT : Studi Putusan No. 89/Pdt.G/2021/PA.Kp

Aulia, Mohamad Faisal (2023) Analisis pertimbangan Hhakim tentang pembagian harta bersama di Pengadilan Agama Kupang NTT : Studi Putusan No. 89/Pdt.G/2021/PA.Kp. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)

Abstract

Putusan pengadilan agama kupang Nusa Tenggara Timur pada perkara nomor 89/Pdt.G/2021/PA.Kp tentang pembagian harta bersama tidak mengacu pada peraturan perundang-undangan dan bertolak belakang dengan pasal 97 Kompilasi Hukum Islam. Tujuan pada Penelitian ini untuk menganalisis pertimbangan hakim tentang harta bersama; dasar hukum pertimbangan hakim; dan menganalisis metode ijtihad hakim di Pengadilan Agama Kupang NTT pada putusan nomor 89/Pdt.G/2021/PA.Kp) Hakim dalam memutuskan suatu perkara di Pengadilan harus mengacu pada perundang-undangan yang berlaku, dalam hal ini Kompilasi Hukum Islam yang juga merupakan dasar hukum dalam memutuskan perkara di Pengadilan Agama khususnya pada perkara pembagian harta bersama di Pengadilan Agama Kupang. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kepustakaan (Library research) dengan pendekatan yuridis normatif dengan menganalisa pertimbangan hukum tentang pembagian harta bersama Di Pengadilan Pengadilan Agama Kupang NTT (Studi Putusan No. 89/Pdt.G/2021/PA.Kp) Hasil penelitian menunjukan bahwa; Pertimbangan Hakim dalam pembagian harta bersama pada Putusan nomor 89/Pdt.G/2021/PA.Kp, tidak memandang dari segi yuridis atau tidak menggunakan ketentuan hukum positif khususnya yang telah diatur dalam KHI Pasal 97 mengenai porsi pembagian harta bersama, melainkan berusaha menggali nilai-nilai keadilan yang sesuai dengan fakta-fakta hukum yang ada. Maka dari itu adil apabila pembagian harta bersama adalah Penggugat mendapat 1/3 (sepertiga) bagian dan Tergugat sebanyak 2/3 bagian dari harta Bersama; Dasar hukum pertimbangan hakim dalam penjatuhan putusan pada perkara nomor 89/Pdt.G/2021/PA.Kp tentang pembagian harta pasca perceraian di Pengadilan Agama Kupang NTT Berupa Penjatuhan dijalankan terlebih dahulu atau putusan serta merta adalah Pasal 191 ayat (1) Rechtreglement voor de Buitengewesten, Pasal 54 dan Pasal 57 Reglement Op De Rechtsvordering (Rv), dan SEMA No. 3 Tahun 2000 tentang Putusan Serta Merta (Uitvoerbaar bij voorraad) dan Provisionil, serta SEMA No. 4 Tahun 2001 tentang Permasalahan Putusan Serta Merta dan Provisionil; Ijtihad yang diterapkan oleh majelis hakim dalam perkara putusan Pengadilan Agama Kupang NTT Pada perkara nomor 89/Pdt.G/2021/PA.Kp adalah ijtihad yang mengintegrasikan antara ijtihad intiqa’I dan ijtihad insya’I. dimana majelis hakim tidak membagi sama banyak di antara kedua belah pihak yang bersengketa melainkan dilakukan pembagian secara proporsional, karena hakim melakukan penemuan hukum dan penafsiran hukum dalam menemukan hukumnya. .

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan Hakim; Harta Bersama; Ijtihad hukum
Subjects: Private Law > Domestic Relations, Family Law, Marriage
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Al-Ahwal Al-Syakhshiyah
Depositing User: Mohamad faisal Aulia
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:54
Last Modified: 13 Dec 2023 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83132

Actions (login required)

View Item View Item