Pelaksanaan pasal 13 keputusan menteri tenaga kerja no.kep.150/men/1999 tentang jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu di Pt. Grandtex Bandung

Sari Dewi, Sulis (2007) Pelaksanaan pasal 13 keputusan menteri tenaga kerja no.kep.150/men/1999 tentang jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu di Pt. Grandtex Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (428kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)

Abstract

Adanya jaminan sosial tenaga keija dimaksudkan untuk memberikan perlindungan bagi tenaga kerja terhadap risiko sosial ekonomi yang menimpa tenaga kerja dalam melakukan pekerjaannya. Pada tataran pelaksanaanya jaminan sosial tenaga kerja sebagai upaya perlindungan temyata peranannya belum maksimal. Jaminan sosial tenaga kerja yang semestinya memberikan perlindungan bagi hak-hak tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu sebagaimana diatur dalam Keputusan Menteri Tenaga kerja No. KEP. 150/ MEN/ 1999 temyata belum dapat terlaksana dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Pasal 13 Keputusan Menteri Tenaga Kerja No. KEP.150/ MEN/ 1999, di samping itu juga untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan untuk mengetahui upaya-upaya yang telah dilakukan PT. Grandtex Bandung untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang merupakan data sekunder, dan dengan pendekatan deskriptif analisis yaitu dengan cara memberikan gambaran mengenai fakta-fakta yang ada serta analisis yang akurat mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku di hubungkan dengan teori-teori hukum ketenagakerjaan dan praktik dari pelaksanaan jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa PT. Grandtex Bandung belum dapat melaksanakan Pasal 13 Keputusan MenteriTenaga Kerja No. KEP 150/MEN/ 1999 tentang jaminan sosial tenaga kerja bagi tenaga kerja perjanjian kerja waktu tertentu. PT. Grandtex Bandung hanya mengikutsertakan tenaga kerjanya yang terikat perjanjian kerja 1 (satu) tahun saja pada jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua pada PT. Jamsostek, dan jaminan pemeliharaan kesehatan pada PT. Hardlent Medika Husada. Sedangkan tenaga kerja yang terikat perjanjian kerja 6 (enam) bukan tidak diikutsertakan pada jaminan sosial tenaga kerja apapun. Pelaksanaan jaminan sosial tenaga kerja tersebut mengalami kendala-kendala yaitu jangka waktunya hanya 6 (enam) bulan yang relatif begitu singkat, untuk menghemat dana perusahaan, dan agar lebih eftsien. Upaya-upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memberi penerangan/ penyuluhan kepada tenaga kerja untuk menanamkan sikap kewaspadaan dalam bekerja, memberikan fasilitas pendukung keamanan dan keselamatan kerja, dan menyediakan poliklinik di perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: keputusan menteri tenaga kerja, tenaga kerja,perjanjian kerja waktu tertentu
Subjects: Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Dec 2023 02:39
Last Modified: 14 Dec 2023 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83155

Actions (login required)

View Item View Item