Pembiayaan Ba'i Bitsaman Ajil Pada Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan

Indra, Dede (2007) Pembiayaan Ba'i Bitsaman Ajil Pada Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses penyaluran pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil dari sebuah BMT serta apa saja permasalahan yang terjadi di BMT tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adaJah metode deskriptif yaitu penelitian yang tertuju pada penjabaran masalah yang sedang dihadapi. Metode deskriptif ini dimaksudkan untuk menggambarkan, memaparkan kondisi objektif penelitian yaitu penyelidikan mengenai keadaan yang sebenarnya tentang pelaksanaan BBA di Institusi yang penulis laporkan. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah dengan melakukan studi kepustakaan dengan cara mengkaji literatur tentang Ba’i Bitsaman Ajil, observasi dengan eara meminta data-data yang diperlukan untuk mengetahui informasi yang objektif dari semua masalah yang ingin penulis ketahui dan interview yaitu bertatap muka dan bercakap-cakap secara langsung dengan pihak manajemen BMT untuk informasi lebih lanjut secara mendetail. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa BMT Ar-Ridwan menyalurkan pembiayaan Ba 7 Bitsaman Ajil yang telah melampaui produk pembiayaan lainnya seperti mudharabah, murabahah maupun bai al ta’jiri. Adapun faktor-faktor yang menjadi penunjang keberhasilan penyaluran pembiayaan Ba 7 Bitsaman Ajil adalah bahwa pihak BMT menerapkan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran dananya dengan konsep 5 C (The Five C’s of Credit, Character, Capacity, Conditions and Colateral). Disamping itu produk pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil ini lebih diminati oleh para nasabah pembiayaan dibanding pembiayaan lainnya hal ini dikarenakan proses permohonan pembiayaan Ba’i Bitsaman Ajil lebih mudab dan copat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun masih ada hal yang memerlukan penyempurnaan. BMT Ar-Ridwan dapat dijadikan salah satu model sebuah lembaga keuangan syari’ah bukan bank yang bertujuan untuk menjadi mediator antara kaum kaya dan miskin, melalui program pemberdayaan sosial ekonomi berlgndaskan prinsip-prinsip syaii’ah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Ba'i Bitsaman Ajil, Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan, Baitul Maal Wat Tamwil Ar-Ridwan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:53
Last Modified: 14 Dec 2023 03:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83184

Actions (login required)

View Item View Item