Pelaksanaan pendistribusian dana bantuan Program Raksa Desa (DB-Prog-Rakdes) untuk Sektor Perekonomian Desa pada Masyarakat Desa Cilowa Kec.Kramatmulya Kab.Kuningan

Nurjaman, Yaya (2007) Pelaksanaan pendistribusian dana bantuan Program Raksa Desa (DB-Prog-Rakdes) untuk Sektor Perekonomian Desa pada Masyarakat Desa Cilowa Kec.Kramatmulya Kab.Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_dafratisi.pdf

Download (619kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (654kB)

Abstract

Keberadaan Dana Bantuan Program Raksa Desa Untuk Sektor Perekonomian Desa yang dalam hal ini diformulasikan dalam bentuk sektor Usaha Ekonomi ProduktifTPermodalan, sangatiah dibutuhkan oleh masyarakat Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Meskipun dalam kenyataannya masih ada diantara beberapa masyarakat yang meminjam/memperoleh dana bantuan itu masih merasa kekurangan dengan dana tersebut, hal ini dikarenakan terbatasnya jumlah dana yang Di pinjamkan, sementara jumlah pengusaha kecil/pedagang yang meminjam dana tersebut sangatiah banyak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana Pengurus/SATLAK Desa di Desa Cilowa dalam mendistribusikan Dana Bantuan Program Raksa Desa tersebut. Disamping itu juga, imtuk mengetahui bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan pendistribusian Dana Bantuan Program Raksa Desa pada Masyarakat Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertolak dari sebuah pemikiran bahwa dalam usaha meningkatkan kesejahteraan, tidak boleh terlepas dari keadilan sosial dalam pemerataan, pengaturan serta penyalurannya, agar tidak teijadi penimbunan harta pada sebagian orang dan pemihakan harta pada orang kaya saja. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus, yaitu memaparkan keberadaan Dana Bantuan Program Raksa Desa di Desa Cilowa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara pada Pengurus SATLAK Desa dan masyarakat yang meminjam/memperoleh dana bantuan tersebut. Kemudian data tersebut di himpun dengan menganalisis data yang berkaitan dengan pendistribusian Dana Bantuan Raksa Desa. Adapun hasil penelitian ini adalah, dapat diperoleh kejelasan bahwa pelaksanaan Pendistribusian Dana Bantuan Program Raksa Desa untuk sektor perekonomian desa pada masyarakat Desa Cilowa adalah dalam bentuk dana pinjaman yang harus dikembalikan dalam jangka waktu 10 bulan dengan jasa pinjamannya sebesar 1 %. Dalam tinjauan fiqh muamalah diungkapkan bahwasannya Proses Pendistribusian Dana Bantuan Program Raksa Desa memiliki kesamaan dengan konsep kejasama modal usaha, yang dalam fiqh muamalah di sebut dengan Mudharabah atau Qirad. Selain itu keberadaan Program Raksa Desa ini tenyata telah mengakibatkan dampak yang positif bagi masyarakat. Hal ini terbukti dengan meningkat nya pendapatan masyarakat yang kurang mampu,semakin berkembang nya usaha yang mereka jalani serta membuka lapangan keija baru melalui penyediaan modal keija.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pendistribusian dana bantuan, Sektor Perekonomian,Masyarakat Desa Cilowa
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83189

Actions (login required)

View Item View Item