Layanan bimbingan untuk mencegah penyalah gunaan NAPZA: di Madrasah Aliyah Darul Hikmah, Jl. Sukawangi No.02 RT 18 RW 07, Desa Tanjungmekar, Kecamatan Tanjungkerta, kabupaten Sumedang, Provensi Jawa Barat 45354.

Zulfiqor, Fiqri Achmad (2023) Layanan bimbingan untuk mencegah penyalah gunaan NAPZA: di Madrasah Aliyah Darul Hikmah, Jl. Sukawangi No.02 RT 18 RW 07, Desa Tanjungmekar, Kecamatan Tanjungkerta, kabupaten Sumedang, Provensi Jawa Barat 45354. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (390kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy

Abstract

NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lain) adalah bahan/zat/obat yang bila masuk ke dalam tubuh manusia akan mempengaruhi tubuh terutama otak/susunan saraf pusat, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosialnya karena terjadi kebiasaan, ketagihan (adiksi) serta ketergantungan. Di negara kita, masalah merebaknya penyalahgunaan NAPZA semakin lama semakin meningkat. Siswa Madrasah Aliyah (MA) merupakan salah satu kelompok remaja yang rawan terpapar dampak penyalahgunaan narkoba. Di usia usia seperti mereka memiliki sifat rasa ingin tahu yang sangat tinggi dan selalu ingin mencoba hal-hal yang baru, sehingga sangat rentan dan mudah terjebak oleh persepsi negatif dan menyimpang, salah satunya adalah penyalahgunaan narkoba. Penelitian ini bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA pada siswa, bahaya penyalahgunaan NAPZA, juga memiliki pengetahuan dan informasi yang jauh terhadap apa itu NAPZA. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif deskriptif dimana penulis lebih berfokus mendeskripsikan suatu kejadian atau fenomena yang diperoleh dan yang terdapat dilapangan, penelitian sesuai dengan topik layanan bimbingan konseling untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA. Penelitian ini didasarkan atas konsep teori bimbingan dan konseling menurut Kartadinata (2010:204) Bimbingan konseling adalah proses bantuan, yang dalam sejumlah literatur dipandang sebagai jantung bimbingan (Counseling is the heart of gudance) karena bantuan konseling lebih langsung bersentuhan dengan kebutuhan dan masalah individu secara individual, walaupun berlangsung dalam setting kelompok. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan konseling untuk mencegah penyalahgunaan NAPZA, yakni bimbingan kelompok, penyuluhan dari pihak terkait yaitu BNN ataupun pihak Kepolisian, dan penyuluhan oleh guru didalam kelas sangat efektif karena siswa lebih mengetahui informasi yang lain tentang apa itu NAPZA,jenisnya dan bahayanya jika sampai menyalahgunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: NAPZA; Bimbingan konseling; Penyalahgunaan;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Islamic Religious Education
Social Welfare, Problems and Services > Narcotics Problems
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fiqri Achmad Zulfiqor
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:37
Last Modified: 14 Dec 2023 06:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83193

Actions (login required)

View Item View Item