Pelaksanaan jual beli Durian Sistem makan sepuasnya di Desa Arisan Gading Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilit Sumatera Selatan

Nafis, Muhammad (2007) Pelaksanaan jual beli Durian Sistem makan sepuasnya di Desa Arisan Gading Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilit Sumatera Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)

Abstract

Perdagangan atau pemiagaan merupakan salah satu kegiatan usaha manusia untuk memenuhi hajat hidupnya, dalam melaksanakan kegiatan perdagangan harus di lakukan berdasarkan aturan-aturan yang telah di tetapkan baik menurut aturan syariat (al-Quran dan al-Sunnah) maupun aturan muamalat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses jual beli durian dengan sistem makan sepuasnya, apa maslahat dan madharat bagi kedua belah pihak, bagaimana tinjauan fiqh muamalah terhadap pelaksanaan jual beli durian sistem makan sepuasnya, sehingga akan diketahui bagaimana penerapan hukum dalam fiqh muamalah. Penelitian ini bermula dari peristiwa yang terjadi di Desa Arisan Gading Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, dimana aktivitas jual beli durian sistem makan sepuasnya memerlukan analisis dalam hal ini yaitu tinjauan fiqh muamalah. Karena dalam Islam setiap bentuk muamalah mubah (diperbolehkan) hukumnya dan harus sesuai dengan asas-asas serta dasar-dasar yang telah digariskan oleh syariat Islam, dan harus sesuai dengan rukun dan syaratnya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus, dimana metode ini digunakan untuk mengumpulkan data serta menggambarkan kandungan data. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang tidak memerlukan suatu penghitungan namun berdasarkan kualitas. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, pengamatan dan studi kepustakaan. Dengan demikian dapat disimpulkan, konsep batal dan fasid dalam muamalah terkait dengan unsur yang ada dalam muamalah itu sendiri yaitu pada segi akadnya serta unsur-unsur akad seperti, shighat, aqidain dan ma'qud alaih. Juga syarat atau sifat-sifat yang harus terpenuhi dalam sebuah akad. Maka jual beli durian sistem makan sepuasnya di Desa Arisan Gading Kecamatan Inderalaya Kabupaten Ogan Ilir Sumatera Selatan, menurut fiqh muamalah diperbolehkan dan sah hukumnya, karena rukun dan syarat yang terdapat dalam jual beli durian sistem makan sepuasnya sama dengan rukun dan syarat jual beli dalam hukum Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: jual beli Durian,Sistem makan sepuasnya,di Desa Arisan Gading
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: PKL7 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 14 Dec 2023 04:20
Last Modified: 14 Dec 2023 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83195

Actions (login required)

View Item View Item