Tanggung jawab pendidikan seks dalam hadis : Analisis hadis dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan

Fauziah, Weni Luthfiani (2023) Tanggung jawab pendidikan seks dalam hadis : Analisis hadis dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (344kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini marak ditemukan fenomena mengenai tindakan kejahatan seksual yang dialami seorang anak dan remaja. Fenomena tersebut tentunya berkaitan dengan kurangnya pendidikan seks bagi anak. Namun, sampai saat ini pendidikan seks masih menjadi problema dan pro kontra di kalangan masyarakat. Diantara buku yang membahas mengenai pendidikan seks yaitu karya Abdullah Nashih Ulwan berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Penelitian ini dilakukan untuk membahas konsep tanggung jawab pendidikan seks dalam hadis (analisis hadis dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya abdullah Nashih ulwan). Maka peneliti telah merumuskan masalah bagaimana analisis hadis tentang tanggung jawab pendidikan seks dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan? bagaimana pemahaman Abdullah Nashih Ulwan terhadap hadis tanggung jawab pendididkan seks yang terdapat dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam?. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui analisis hadis tentang tanggung jawab pendidikan seks dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan dan pemahaman Abdullah Nashih Ulwan terhadap hadis tanggung jawab pendididkan seks yang terdapat dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif-analistis. Sumber primer pada penelitian ini adalah buku karya Abdullah Nashih Ulwan yang berjudul Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Hasil dan pembahasan penelitian ini adalah buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam tertulis dalam tiga bagian kronologis. Bagian pertama terdiri dari empat bab, bagian kedua terdiri dari tujuh bab, dan bagian ketiga terdiri dari tiga bab. Pada penilitian ini, penulis hanya akan membahas bagian kedua pada bab VII yang membahas mengenai tanggung jawab pendidikan seks. Terdapat delapan puluh hadis dalam pembahasan tanggung jawab pendidikan seks, namun penulis hanya mengambil lima hadis sebagai bahan penelitian. Hadis tersebut terdapat dalam kitab Shahih Al-Bukhari, Sunan Abu Dawud dan Shahih Muslim. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hadis yang diteliti dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam pada pembahasan tanggung jawab pendidikan seks semuanya berkualitas ṣhaḥīḥ karena memiliki sanad dan matan yang ṣhaḥīḥ. Pemahaman Abdullah Nashih Ulwan terhadap hadis tanggung jawab pendididkan seks yang terdapat dalam buku Tarbiyatul Aulad Fil Islam yaitu terdapat lima tanggung jawab pendididkan seks berdasarkan hadis yang diteliti yaitu: 1) etika memandang dan meminta izin; 2) menjauhkan anak dari rangsangan seksual; 3) mengajarkan anak tentang hukum-hukum pada remaja dan baligh; 4) perkawinan, hubungan seksual dan menjaga kesucian bagi yang belum mampu menikah; 5) berterus terang mengenai masalah seks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab; Seks; Hadis; Ulwan; Tarbiyatul Aulad Fil Islam
Subjects: Al-Hadits dan yang Berkaitan > Kritik terhadap Hadits
Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Weni Luthfiani Fauziah
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:52
Last Modified: 14 Dec 2023 06:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83204

Actions (login required)

View Item View Item