Pendidikan kewirausahaan dan hubungannya dengan motivasi berwirausaha mahasantri: Penelitian di pondok pesantren Universal dan Miftahul Falah Cileunyi

Fahmi, Muhammad (2023) Pendidikan kewirausahaan dan hubungannya dengan motivasi berwirausaha mahasantri: Penelitian di pondok pesantren Universal dan Miftahul Falah Cileunyi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (271kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di pondok pesantren mahasiswa seKota Bandung terhadap bidang kewirausahaan ditemukan fakta bahwa seiring berjalannya waktu jumlah peminat santri dalam berwirausaha semakin sedikit sehingga menyebabkan rendahnya motivasi santri untuk berwirausaha, kurangnya keterampilan berwirausaha dikalangan santri dan kurangnya mental santri untuk berwirausaha. Maka perlu diteliti permasalahan pendidikan kewirausahaan dan motivasi berwirausaha mahasantri. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menganalisis pendidikan kewirausahaan di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal dan Miftahul Falah Culeunyi. 2)Untuk menganalisis motivasi berwirausaha mahasantri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal dan Miftahul Falah Cileunyi. 3) Untuk menganalisis hubungan pendidikan kewirausahaan dengan motivasi berwirausaha mahasantri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal dan Miftahul Falah Cileunyi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan terhadap 80 mahasantri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket/kuesioner. Analisis data dilakukan dengan tahapan analisis instrumen (validitas dan relliabilitas), analisis parsial perindikator (uji realitas variabel X dan uji realitas variabel Y) analisi korelasi (uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, uji determinasi). Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan antara Pendidikan Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha Mahasantri di Pondok Pesantren Mahasiswa Universal dan Miftahul Falah Cileunyi, dengan koefesien korelasi yang diperoleh yaitu 0,710 artinya bahwa variabel x dengan variabel y memiliki korelasi dengan derajat hubungan pada tingkat kekuatan yang “Kuat” karena berada pada kategori 0,61 s/d 0,80 dan bentuk hubungannya positif. Dikatakan positif karena semakin tinggi Pendidika Kewirausahaan, maka semakin tinggi Motivasi Berwirausaha Mahasantri. Kemudian koefesien korelasi (R Square) sebagaimana tabel 4.18 menunjukan angka sebesar 0,503 yang artinya bahwa terdapat Hubungan yang cukup tinggi antara variabel X (PendidikanKewirausahaan) dengan variabel Y (Motivasi Berwirausaha Mahasantri) sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidika Kewirausahaan; Motivasi Berwirausaha; Mahasantri
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mahasiswa Fahmi Muhammad
Date Deposited: 15 Dec 2023 08:20
Last Modified: 15 Dec 2023 08:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83250

Actions (login required)

View Item View Item