Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat dalam menyelenggarakan pendidikan politik di Kabupaten Bandung tahun 2020 - 2022

Rahmawati, Alvi (2023) Peran Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat dalam menyelenggarakan pendidikan politik di Kabupaten Bandung tahun 2020 - 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI ALVI.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI ALVI.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI ALVI.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI ALVI.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI ALVI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)

Abstract

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu lembaga pemerintah yang memiliki tugas menyelenggarakan fungsi penunjang urusan pemerintah dalam bidang kesatuan bangsa dan politik sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Gubernur Nomor 82 tahun 2016 Pasal 17 ayat 3. Dalam hal ini Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat memiliki ruang lingkup aspek politik dalam negeri yang terdiri dari fasilitas partai politik dan pemilihan umum serta fasilitas kelembagaan dan pendidikan budaya politik, oleh karena itu pendidikan politik sangat erat kaitannya dengan tugas dari bidang tersebut. Dalam melaksanakan tugasnya di bidang pendidikan budaya politik Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak seperti KPU, Bawaslu,DPRD,dsb. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh upaya yang dilakukan oleh Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat dalam menyelenggarakan pendidikan politik di Kabupaten Bandung serta untuk mengetahui kendala apa saja yang dialami oleh Bakesbangpol Provinsi Jawa Barat selama ini ditengah masyarakat yang beragam. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara pada Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Kepala Subbidang Fasilitas Kelembagaan dan Pendidikan Budaya Politik serta masyarakat yang berjumlah 10 responden dan studi pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi untuk mengolah baik itu data, wawancara dan observasi. Hal yang paling berpengaruh dalam keberhasilan pendidikan politik ini yakni berupa bukti yang kuat serta ketertarikan masyarakat akan seberapa pentingnya partisipasi politik untuk menentukan nasib bangsa kedepannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Politik; Partisipasi Politik; Bukti Langsung
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Education of Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Rahmawati Alvi
Date Deposited: 18 Dec 2023 05:48
Last Modified: 18 Dec 2023 05:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83279

Actions (login required)

View Item View Item