Relevansi sanksi tindak Pidana Human Trafficking menurut Undang-Undang no. 21 tahun 2007 pasal 2 ayat 1 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang

Purnamasari, Sintia (2023) Relevansi sanksi tindak Pidana Human Trafficking menurut Undang-Undang no. 21 tahun 2007 pasal 2 ayat 1 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_ABSTRAK.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_DAFTARISI.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB) | Request a copy
[img] Text
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
8_DAFTARPUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Kejahatan yang berkaitan erat dengan penyalahgunaan Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan kejahatan besar salah satu contoh yang sering terjadi yaitu perdagangan orang atau perdangan manusia (Human trafficking). Kejahatan perdagangan manusia berupa kejahatan yang merusak hak asasi manusia seperti hak atas kebebasan, hak untuk mendapatkan martabat dan kesejahteraan bagi diri sendiri. Dalam kasus perkara nomor 134/Pid.Sus/2016/PT.KPG terjadi mengenai kasus perdagangan orang atau human trafficking terdakwa bernama Agnes Fouk kembali kekampungnya ke Atambua untuk mencari anak-anak yang mau bekerja ke Jakarta dengan menjanjikan kepada orangtua anak-anak tersebut dengan uang pinang sebesar Rp. 250.000,00 (Dua ratus lima puluh ribu rupiah). Tujuan penelitian untuk mengetahui sanksi terhadap pelaku tindak pidana Human trafficking atau perdagangan orang dalam hukum pidana islam Tujuan penelitian untuk mengetahui sanksi terhadap pelaku tindak pidana Human trafficking atau perdagangan orang dalam hukum pidana islam dan untuk mengetahui relevansi sanksi tindak pidana Human trafficking atau perdagangan orang dalam Pengadilan Tinggi Kupang kasus perkara nomor 134/Pid.Sus/2016/PT.KPG dengan hukum pidana islam. Kerangka pemikiran digunakan penulis dalam penelitian ini ialah bersumber dari Al-qur’an , hadits, dan Ijma yang tidak lepas dari kajian hukum pidana islam tentang perdagangan orang dan peraturan perundang-undangan Nomor 21 Tahun 2007 Tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang Pasal 2 ayat 1. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif, content analysis (analisis data), yaitu suatu metode dengan menganalisis suatu dokumen atau data yang bersifat normative yang ada hubungannya mengenai analisis, sehingga menghasilkan metode deduksi untuk mengumpulkan data atau informasi untuk disusun, dijelaskan, dan dianalisis dan berakhir pada suatu kesimpulan atau pengetahuan baru yang bersifat khusus. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Tindak Pidana Perdagangan Orang atau Human trafficking dalam hukum pidana Islam belum ada ketentuan yang mengatur mengenai sanksinya sehingga human trafficking masuk kedalam jarimah ta’zir yang dalam ketentuannya yang memberikan putusan berdasarkan ijtihad dari ulil amri (hakim). Sedangkan relevansi kasus perdagangan orang atau human trafficking dalam kasus kasus perkara nomor 134/Pid.Sus/2016/PT.KPG dengan hukum pidana islam memiliki kesamaan yaitu hukum pidana Indonesia dalam menjatuhkan hukuman seseorang yang melakukan kejahatan harus memenuhi unsur-unsur kejahatan sama juga dengan hukum pidana Islam dan dalam hukum pidana Islam tindak human trafficking termasuk kedalam jarimah ta’zir yang memberikan hukuman yaitu berdasarkan ijtihad dan keputusan ulil azmi (Hakim) yaitu untuk memberikan pencegahan, pembelajaran, dan tidak mengulangi perbuatan tersebut bagi pelaku tindak pidana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Perdagangan Orang; Tindak Pidana; Persfektif Hukum Islam;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminal Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Sintia Purnamasari
Date Deposited: 21 Dec 2023 01:22
Last Modified: 21 Dec 2023 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83397

Actions (login required)

View Item View Item