Implementasi berita jurnalisme advokasi pada media BandungBergerak.id : Studi kasus pemberitaan penggusuran warga Tamansari Kota Bandung

Nurahman, Choirul (2023) Implementasi berita jurnalisme advokasi pada media BandungBergerak.id : Studi kasus pemberitaan penggusuran warga Tamansari Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini hubungan antara media dan masyarakat sangatlah erat. Media menjadi elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. Media memiliki kemampuan untuk memberikan dampak baik atau buruk bagi masyarakat. Di tengah banyaknya media mainstream, lahirlah sejumlah media alternatif yang menjadi antitesis dari kegiatan jurnalisme pada media mainstream. Sejumlah media alternatif ini menjadi wadah bagi masyarakat marjinal agar suara mereka dapat didengar oleh pemangku kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jurnalisme advokasi yang dilakukan BandungBergerak.id pada kasus pemberitaan penggusuran di Tamansari. Meliputi proses penentuan isu, titik berat berita, pemilihan narasumber, prioritas kerja jurnalis, asas legalitas, serta harapan dari pasca pemuatan berita. Penelitian ini berperdoman pada Teori Pers Tanggungjawab Sosial yang mengasumsikan jika pers memiliki tanggungjawab sosial pada masyarakat dan juga mengkaji unsur dalam jurnalisme advokasi. Dengan menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, dan paradigma konstruktivisme. Data didapatkan dengan teknik wawancara dengan jajaran redaksi dan reporter BandungBergerak.id. Hasil penelitian ini menunjukan jika meski BandungBergerak.id tidak menyebutkan secara gamblang jika mereka melakukan jurnalisme advokasi namun dalam praktiknya BandungBergerak.id telah melakukan praktik jurnalisme advokasi khusunya pada pemberitaan kasus penggusuran warga Tamansari Kota Bandung. Serta kegiatan jurnalisme advokasi yang dilakukan oleh BandungBergerak.id telah sesuai dengan unsur jurnalisme advokasi dimana mengangkat isu dan angle berita yang dipilih dari sisi warga, kemudian prioritas kerja jurnalis di lapangan adalah untuk mengungkap pelanggaran yang dilakukan pemerintah, dan harapan dari pasca pemuatan berita adalah berdampak bagi masyarakat kemudian terjadi penguatan hak-hak dari warga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Jurnalisme Advokasi; Media Online, BandungBergerak.id; Tamansari
Subjects: Journalism and Newspapers in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Choirul Nurahman
Date Deposited: 22 Dec 2023 06:41
Last Modified: 22 Dec 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83449

Actions (login required)

View Item View Item