Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Penyebaran Informasi Kepada Publik: Studi Penelitian Hubungan Masyarakat (Humas) di Kementerian Agama Kabupaten Sumedang

Kusumah, Nurul Fahmi Hadiati (2022) Peran Hubungan Masyarakat (Humas) dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Penyebaran Informasi Kepada Publik: Studi Penelitian Hubungan Masyarakat (Humas) di Kementerian Agama Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
nurul_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
nurul_abstrak.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
nurul_daftar isi.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
nurul_bab i.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
nurul_bab ii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
nurul_bab iii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
nurul_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
nurul_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Seiring perkembangan arus reformasi birokrasi dan era keterbukaan informasi publik, peran bagian Humas semakin penting dan strategis. Sebagai komunikator publik, Humas Pemerintah harus mengamankan kebijakan lembaganya, memberikan pelayanan dan menyebarluaskan pesan atau informasi kepada masyarakat tentang kebijakan dan program kerja lembaganya. Dengan demikian, humas bukan hanya menyiapkan tempat acara peliputan dan mendampingi pimpinannya kemana pergi saja, namun humas Pemerintah dituntut mampu melakukan penyebaran informasi dalam pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui maka mengenai Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Penyebaran Informasi Kepada di Kementrian Agama Kabupaten Sumedang dalam meningkatkan pelayanan prima bagimasyarakat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis deksriptif kualitatif dengan pendekatan kualitiatif. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, dan observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan, dapat disimpulkan bahwa Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Penyebaran Informasi Kepada di Kementrian Agama Kabupaten Sumedang, antara lain; a. Pengumpulan dan Penyebaran Informasi b. Pemberian Penerangan Masyarakat c. Penyaluran Aspirasi Masyarakat. Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Penyebaran Informasi Kepada di Kementrian Agama Kabupaten Sumedang, melalui beberapa aplikasi, yaitu: 1) Aplikasi website, 2) Aplikasi instagram, dan 3) Aplikasi twitter.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran, Humas, dan Pelayana Prima
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Social Interaction, Interpersonal Relations
Political dan Government Science > Local Government
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nurul Fahmi Hadiyati Kusumah
Date Deposited: 21 Dec 2023 09:00
Last Modified: 21 Dec 2023 09:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83457

Actions (login required)

View Item View Item