Peran perjanjian internasional Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) dalam menjaga stabilitas politik di Timur Tengah

Hidayat, Fajar Maulana (2023) Peran perjanjian internasional Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) dalam menjaga stabilitas politik di Timur Tengah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (652kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy

Abstract

Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) adalah perjanjian internasional yang dibuat antara Iran dengan kelompok P5+1 (Amerika Serikat,Inggris, Prancis, Rusia, China dan Jerman) pada tahun 2015 yang bertujuan untuk mengendalikan program nuklir Iran. Perjanjian ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menstabilkan kondisi politik di Timur Tengah dengan mengurangi ancaman dari program nuklir Iran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dari perjanjian internasional Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) dalam menjaga stabilitas politik Timur Tengah, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi JCPOA dan bagaimana stabilitas politik di Timur Tengah mempengaruhi stabilitas global secara keseluruhan. Penelitian ini menggunakan Teori Kerjasama Internasional mengenai hubungan antara negaranegara yang memiliki tujuan atau kepentingan bersama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis yang bertujuan untuk mengumpulkan data deskriptif tentang suatu fenomena atau kejadian yang sedang terjadi. Hasil analisis menunjukkan bahwa JCPOA telah membantu dalam mengurangi ketegangan antara Iran dengan negara-negara lain di kawasan setelah perjanjian ini ditandatangani pada 2015. Namun, keluarnya Amerika Serikat dari JCPOA pada tahun 2018 menimbulkan tantangan dalam implementasi perjanjian ini, yang juga berimbas pada kekhawatiran terhadap kepatuhan dan komitmen Iran terhadap perjanjian. Secara keseluruhan, perjanjian JCPOA dianggap sebagai salah satu cara untuk menjaga stabilitas politik di Timur Tengah. Namun, tantangan masih terus dihadapi dalam implementasinya, sehingga perlu adanya kerjasama yang lebih erat antara pihak-pihak yang terkait untuk memastikan keberlangsungan perjanjian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: JCPOA; Program Nuklir Iran; Timur Tengah
Subjects: International Relations
International Relations > Foreign Policy, International Politics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Fajar Maulana Hidayat
Date Deposited: 22 Dec 2023 05:50
Last Modified: 22 Dec 2023 05:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83463

Actions (login required)

View Item View Item