Konsep diri dan pengalaman komunikasi Jurnalis berlatar belakang pendidikan non-Jurnalistik : Studi denomenologi pada Jurnalis di Radar Sukabumi

Nurhaqiqi, Astri (2023) Konsep diri dan pengalaman komunikasi Jurnalis berlatar belakang pendidikan non-Jurnalistik : Studi denomenologi pada Jurnalis di Radar Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrak digilib.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II digilib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text (BAB III)
bab iii yuhu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Profesi Jurnalis bukan pekerjaan yang mudah, karena Jurnalis senantiasa dihadapkan dengan banyak problem persoalan masalah yang menjadikannya sebagai tantangan tersendiri untuk terus dapat bekerja secara profesional yang dapat mengimbangi dirinya dan dapat mengikuti setiap perkembangan-perkembangan teknologi media massa. Sehubungan sebab itu, dengan muncul-muncul ketertarikan dari penulis kepada seseorang yang bekerja sebagai jurnalis di Radar Sukabumi namun ia tidak berlatar pendidikan non-jurnalistik. Oleh karena itu, dalam pemilihan sebagai profesinya menjadi jurnalis, hal ini tidak sesuai dengan program studi yang diminati serta pelajari pada semasa ketika kuliah yang diluar jalur terhadap bidang kejurnalistikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, konsep diri dan pengalaman komunikasi jurnalis berlatar belakang pendidikan non-jurnalistik di media Radar Sukabumi menjadi jurnalis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni studi fenomenologis. Fenomenologis diartikan sebagai upaya pemberangkatan dari metode ilmiah, yang menganggap bahwa keberadaan suatu realitas tidak diketahui oleh orang yang berpengalaman biasa. Penelitian ini mengambil setidaknya enam orang informan yang sudah memiliki pengalaman diatas lima tahun karena dianggap sudah kompeten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motif jurnalis berlatar belakang pendidikan non-jurnalistik menjadi jurnalis di Radar Sukabumi menghasilkan dua poin yakni pertama karena tuntutan untuk memenuhi kebutuhan. Kedua yakni mendapatkan keuntungan berjumpa dengan berbagai narasumber yang berasal dari semua kalangan. Konsep Diri jurnalis berlatar belakang pendidikan non-jurnalistik menghasilkan pemaknaan dan pengalaman jurnalis dalam memilih profesinya sebagai jurnalis memberikan pengaruh positif terhadap kehidupan pribadinya. Pengalaman komunikasi jurnalis berlatar belakang pendidikan non-jurnalistik ini memberikan manfaat yakni memperoleh banyaknya pengalaman yang tentunya hal ini membawa pada pengembangan diri serta meningkatkan keefektifan dari tindakan-tindakan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Fenomenologi; Jurnalis; Konsep Diri; Pengalaman Komunikasi
Subjects: Education
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Astri Astri Astri Nurhaqiqi
Date Deposited: 22 Dec 2023 05:55
Last Modified: 22 Dec 2023 05:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83493

Actions (login required)

View Item View Item