Pengaruh aktivitas belajar santri terhadap pengamalan keberagamaan mereka : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Faqih II Cibiru-Bandung

Elyana, Alby Ali Akbar (2023) Pengaruh aktivitas belajar santri terhadap pengamalan keberagamaan mereka : Penelitian di Pondok Pesantren Al-Faqih II Cibiru-Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (520kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)

Abstract

Pengamalan apa yang di dapatkan oleh santri belum sepenuhnya terealisasikan, masih ada santri yang kurang akan pengamalan dalam ha beragama di kehidupan sehari-harinya.Hal ini diindikasikan masih adanya santri yang tidak berjamaah, membolos ketika mengaji, tidak memperhatikan arahan ustadz, melalaikan kewajiban, kurang dalam adab berpakaian dan berkata kasar. Penelitian ini bertujuan untuk: pertama untuk mengetahui aktivitas belajar santri di pondok pesantren Al-Faqih II Cibiru-Bandung, kedua untuk mengetahui pengamalan keberagamaan santri pondok pesantren Al-Faqih II Cibiru-Bandung, ketiga untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar santri terhadap pengamalan keberagamaan mereka. Penelitian ini bertolak belakang pada pemikiran bahwa pengamalan keberagamaan santri dipengaruhi aktivitas belajar santri. Oleh karena itu hipotesis yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu semakin baik aktivitas belajar santri maka semakin baik pengamalan keberagamaan mereka dan kurang baik aktivitas belajar santri maka kurang baik pengamalan keberagamaan mereka. Pendekatan dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian korelasional. Alat utama untuk mengumpulkan data yang digunakan oleh peneliti berupa angket. Sampel yang diambil oleh peneliti berjumlah 40 santri dari seluruh santri. Dalam menganalisis menagnalisis data kuantitatif peneliti memakai Teknik analisis deskriftif dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan : pertama Realitas aktivitas belajar santri diperoleh dengan hasil kategori sangat tinggi dengan hasil 4, 51 yang ada pada interval 4,00-5,00, kedua Realitas pengamalan keberagamaan santri diperoleh dengan hasil kategori sangat tinggi dengan hasil 4,86 yang ada pada interval 4,00-5,00, ketiga berdasarkan analisis korelasi hubungan antara Variabel X dan variable Y adalah sangat tinggi berdasarkan hasil sebesar 0,95 berada di posisi rentang 0,91 – 1,00. Adapun hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung = 18,87 dan ttabel = 1,68 dimana thitung (18,87) > ttabel (1,68) dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima. pengaruh aktivitas belajar Santri dalam pengamalan keberagamaan mereka di pondok pesantren sebesar 69 % dan diperkirakan 31% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar; santri; pengamalan keberagamaan;
Subjects: Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alby Ali Akbar Elyana
Date Deposited: 22 Dec 2023 07:09
Last Modified: 22 Dec 2023 07:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83503

Actions (login required)

View Item View Item