Pengaruh pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial remaja : Penelitian pada kegiatan konseling anggota PIK-R di Kecamatan Bojongloa Kaler

Primananda, Dwiki Septian (2023) Pengaruh pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial remaja : Penelitian pada kegiatan konseling anggota PIK-R di Kecamatan Bojongloa Kaler. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (925kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy

Abstract

Remaja merupakan seorang individu yang mengalami perkembangan menuju dewasa yang mengharuskan mereka untuk siap dan mampu mengembangkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya. Tahapan masa pra-remaja (pra-pubertas) dari mulai usia 10-12 tahun, masa remaja awal (pubertas) pada usia 12-15 tahun, masa remaja pertengahan dari usia 15-18 tahun, dan masa remaja akhir yaitu pada usia 18-21 tahun. pola pengasuhan bagi remaja sangat dipentingkan khususnya dengan gaya demokratis ialah wujud kasih sayang nyata orang tua terhadap anak sebab tidak hanya membagikan bimbingan kepada anak, anak pula diberikan kesempatan untuk menyatakan pendapatnya kepada orang tua. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial remaja pada anggota PIK-R di Kecamatan Bojongloa Kaler. Pola asuh merupakan sikap orang tua dalam berhubungan dengan anaknya. Sikap ini dapat dilihat dari berbagai segi, antara lain dari cara orang tua memberikan peraturan pada anak, cara memberikan hadiah dan hukuman, cara orang tua menunjukkan otoritas dan cara orang tua memberikan perhatian dan tanggapan terhadap keinginan anak menurut Kohn. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan dessain penelitian analisis regresi linear sederhana. Populasi pada penelitian ini adalah 56 orang, sedangkan untuk sampelnya adalah 33 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan instrument penelitian dan diolah atau dianalisis dengan aplikasi SPSS 26. Hasil uji F hitung yaitu 7.895 dengan tingkat signifikansi sebesar 0.009 < 0.05. Maka dilihat dari dasar pengambilan keputusan uji f yaitu jika nilai signifikan 0,009 lebih kecil dari 0,05. Artinya diterima, maka pola asuh demokratis berpengaruh terhadap perilaku sosial remaja sebesar 20,3%. Maka kesimpulan dari hasil penelitain ini adalah diterima yang berarti terdapat pengaruh pola asuh demokratis terhadap perilaku sosial remaja sebesar 20,3%, pengaruh positif yang ditimbulkan dari pola asuh demokratis terhadap perilaku social remaja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pola asuh demokratis; perilaku sosial; remaja
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dwiki Septian Primananda
Date Deposited: 12 Jan 2024 02:23
Last Modified: 12 Jan 2024 02:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83510

Actions (login required)

View Item View Item