Pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah : penelitian di MTs Bina Mandiri Sukahening Tasikmalaya

Pratama, Ahdan Dzulfiqar (2023) Pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji hubungannya dengan kedisiplinan mereka di sekolah : penelitian di MTs Bina Mandiri Sukahening Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, dapat diperoleh keterangan bahwa pada hampir seluruh siswa mampu memahami dengan baik tentang materi akidah akhlak khususnya di dalamnya materi akhlak terpuji. Terlihat dari hasil ujian siswa yang sebagian besar berada di atas KKM (70), namun nyatanya masih banyak siswa yang kedisiplinannya tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan dalam Akidah Akhlak khususnya pada materi akhlak terpuji. Sebagai bukti bahwa masih ada siswa yang tidak mengucapkan salam ketika bertemu guru atau teman, siswa yang menggunakan kata-kata kasar, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan melanggar tata tertib sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mengetahui pemahaman siswa di MTs Bina Mandiri Sukahening tentang materi akhlak terpuji. 2) Mengetahui kedisiplinan siswa di MTs Bina Mandiri Sukahening. 3) Mengetahui hubungan antara pemahaman siswa MTs Bina Mandiri Sukahening tentang materi akhlak terpuji dengan kedisiplinan mereka di sekolah. Mengenai pentingnya pemahaman sebagai bagian dari ranah kognitif yang berkaitan dengan perilaku manusia, keterampilan kognitif mempunyai pengaruh yang cukup kuat pada ranah afektif dan psikomotorik. Perubahan sikap dan perilaku seseorang pada saat pengajaran sebagian besar disebabkan oleh proses belajar kognitif, yang berkaitan dengan adanya pemahaman siswa terhadap materi yang diperoleh selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional. Data penelitian yaitu sampel 58 siswa, yakni 100% dari jumlah populasi siswa kelas IX MTs Bina Mandiri Sukahening. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes tulis dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, analisis parsial, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan 1) Pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji termasuk dalam kualifikasi baik, dengan nilai rata-rata 79,24 yang berada pada interval 70-79. 2) Kedisiplinan siswa di sekolah termasuk dalam kualifikasi baik, dengan rata-rata skor hasil 4,2 yang berada pada skala 3,5–4,5. 3) hubungan antara pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji dengan kedisiplinan siswa di sekolah berada pada hubungan dengan kualifikasi rendah. Berdasarkan hipotesis yang diajukan memperoleh signifikasi 0,000 < 0,05 yang menunjukan Ha di terima dan H0 ditolak. Dengan demikian pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji dengan kedisiplinan siswa disekolah ada hubungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemahanan siswa; akhlak terpuji;
Subjects: Islam
Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ahdan Dzulfiqar Pratama
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:17
Last Modified: 28 Dec 2023 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83520

Actions (login required)

View Item View Item