Strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung: Studi deskriptif Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM) Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung

Pirlangga, Hendi (2023) Strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung: Studi deskriptif Lembaga Pemberdaya Masyarakat (LPM) Desa Cibiru Wetan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu keadaan yang mendorong lembaga pemerintah dalam mencapai kesejahteraan ekonomi masyarakat yang memiliki peran penting untuk membentuk masyarakat yang mandiri dan produktif. Beberapa masalah sosial yang sering terjadi di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab bersama terkhusus kelompok yang memiliki peran kebijakan dalam mengatasi masalah tersebut. Lembaga pemerintah dibentuk atas dasar kebutuhan konstruk sosial dengan memiliki asas tujuan kepedulian atau prikemanusiaan yang kemudian memberikan sebuah formulasi solusi dengan berbagai macam strategi untuk mencapai sebuah tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori pemberdayaan kesejahteraan masyarakat, yang mana pemberdayaan masyarakat sebagai cara meningkatkan kemampuan, kualitas, keterampilan dan pemanfaatan sumber daya sebagai upaya peningkatan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat melalui strategi program lembaga. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini dengan pendekatan kritis melalui paradigma positivisme yang menilai bahwa suatu fakta atu realitas dari fenomena dapat berubah setiap saat atau tidak menetap. Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi perencanaan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat melalui tahapa perumusan yakni Musyawarah desa guna merancang target sasaran masyarakat serta mengkaji tahapan-tahapan untuk proses pelaksanaan. Meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi daerah yang ada tentu ini menjadi sebuah mitra peluang bagi lembaga, masyarakat dan alam. Hasil strategi program LPM Desa Cibiru Wetan ini memberikan efek yang baik bagi masyarakat agar hidupnya lebih sejahtera dan mandiri dengan prorgramnya yakni pembangunan Rumah tidak layak huni dan fasilitator UMKM.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Lembaga; Strategi
Subjects: Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Penal and Related Institution > Geographic Treatment of Penal Institution
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Hendi Pirlangga
Date Deposited: 27 Dec 2023 01:43
Last Modified: 27 Dec 2023 01:46
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83560

Actions (login required)

View Item View Item