Tinjauan Siyasah Maliyah tentang pengelolaan alat bantu Penerimaan Siaran (Set Top Box) untuk Rumah Tangga Miskin di Indonesia : Studi penelitian di Kabupaten Ogan Ilir

Yusup, Kinari Aura (2023) Tinjauan Siyasah Maliyah tentang pengelolaan alat bantu Penerimaan Siaran (Set Top Box) untuk Rumah Tangga Miskin di Indonesia : Studi penelitian di Kabupaten Ogan Ilir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (589kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (925kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy

Abstract

Teknologi komunikasi dan informasi ikut berkembang disertai dengan perkembangan metode transmisi informasi seperti adanya peralihan siaran televisi analog ke siaran televisi digital (Analog Switch Off) dengan menggunakan alat bantu Set Top Box. Pemerintah mengadakan program bantuan set top box untuk rumah tangga miskin yang diatur pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran. Pemerintah memberikan set top box secara gratis kepada rumah tangga miskin sesuai dengan kriteria penerima sebanyak 6,7juta penerima di seluruh Indonesia salah satunya di Kabupaten Ogan Ilir dengan jumlah penerima sebanyak 12.605 rumah tangga miskin. Penulisan ini dimaksudkan memberikan gambaran dan untuk mengetahui politik hukum ekonomi dalam penentuan rumah tangga miskin penerima set top box di Kabupaten Ogan Ilir, Mekanisme pembagian set top box gratis kepada rumah tangga miskin di Kabupaten Ogan Ilir, dan untuk mengetahui tinjauan siyasah maliyah terhadap politik hukum ekonomi penentuan rumah tangga miskin penerima set top box dan mekanisme pembagiannya di Kabupaten Ogan Ilir. Penulisan dilandasi oleh kerangka pemikiran bahwa dalam melaksanakan pengelolaan alat bantu penerimaan siaran (set top box) untuk rumah tangga miskin berdasarkan pada teori tanggung jawab negara dan teori pengeluaran keuangan negara dalam siyasah maliyah. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan yuridis empiris. Yuridis-empiris yakni pendekatan hukum peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan studi empiris kepada masyarakat. Sumber data primer dari wawancara dan observasi. Sumber data sekunder adalah dokumen yang berkaitan dengan Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri, buku-buku dan tulisan ilmiah berkaitan dengan objek penelitian serta teknik pengumpulan data menggunakan kepustakaan dan data lapangan. Berdasarkan hasil penelitan menunjukkan bahwasannya adanya bantuan set top box gratis guna membantu menekankan kemiskinan dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat dengan anggaran dari APBN, jumlah penerima bantuan STB berdasarkan data dari P3KE desil-1. Berdasarkan data P3KE desil-1 di Kabupaten Ogan Ilir ada sebanyak 13.318 RTM, akan tetapi pemerintah baru mendistribusikan sebanyak 12.605 RTM. Dalam Siyasah Maliyah bahwa pemerintah harus berorientasi pada prinsip atau teori kewajiban negara, tanggung jawab negara, dan maslahat. Dalam pelaksanaan bantuan set top box pemerintah masih belum maksimal akan tetapi pemerintah juga sudah berupaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat miskin sesuai dengan teori siyasah maliyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bantuan Set Top Box; Peralihan Siaran; Siyasah Maliyah
Subjects: Law > Organization and Management of Law
Constitutional and Administrative Law
Constitutional and Administrative Law > Constitutional Law of Indonesia
Private Law > Property
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Ketatanegaraan dan Politik Islam (Siyasah)
Depositing User: Kinari Aura Yusup
Date Deposited: 27 Dec 2023 07:55
Last Modified: 27 Dec 2023 07:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83594

Actions (login required)

View Item View Item