Hubungan pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis Komputer dengan peningkatan Mutu Pendidikan

Alawiyah, Tuti (2023) Hubungan pelaksanaan Asesmen Nasional berbasis Komputer dengan peningkatan Mutu Pendidikan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)

Abstract

Permasalahan mengenali pelaksanalan Asesmen Nalsional Berbasis Komputer seperti kendala yang terjadi di salah satu lokus penelitian di KKMI tujuh Kabupaten Garut yaitu di MI All-Aldzkiya diantaranya yaitu sarana prasarana, kurangnya laptop/computer, dan siswa yang belum terampil menggunakan media komputer menjadi penghambat pada pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer, sehingga mempengaruhi pada proses penilaian mutu pendidikan pada Madrasah tersebut. Adapun tujuan dari penilalian adalah untuk mengetahui kemajuan belajar siswa, untuk perbaikan dan peningkatan kegiatan belajar siswa serta sekalligus memberi umpan balik bagi perbaikan pelaksanaan kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan asesmen nasiona berbasis komputer pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaliyah VII di Kabupaten Garut; (2) mendeskripsikan peningkatan mutu pendidikan pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaliyah VII di Kabupaten Garut; (3) menganalisa hubungan pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer dengan peningkatan mutu pendidikan pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaliyah VII di Kabupaten Garut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode deskriptif korelasional. Data pada penelitian ini diperoleh melalui penyebaran angket dengan skala likert yang terdiri dari lima jawaban pilihan kepada 60 responden. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji instrumen (validitas dan reabilitas), uji analisis indikator, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji liniearitas), serta uji hipotesis (uji korelasi product moment). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer pada Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaliyah VII di Kabupaten Garut masuk pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data yaitu sebesar 4,56; (2) Mutu pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Garut masuk pada kategori tinggi dari hasil pengolahan data 60 responden yaitu sebesar 4,54; (3) Hasil dari penelitian korelasi antara variabel X dan Y maka diperoleh angka koefisien korelasi sebesar 0,625 yang artinya terdapat hubungan yang kuat atau tinggi. Hasil dari perhitungan uji korelasi bahwa signifikansi penerapan dari pelaksaan asesmen nasional berbasis computer dengan mutu pendidikan diperoleh 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka terdapat korelasi antara pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer dengan Peningkatan mutu pendidikan sehingga disimpulkan bahwa hubungan dari kedua variabel tersebut bersifat positif (searah) dan Ha diterima, yang berarti jika pelaksanaan asesmen nasional berbasis komputer semakin ditingkatkan maka mutu pendidikan akan meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer; Mutu Pendidikan
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Tuti Alawiyah
Date Deposited: 28 Dec 2023 06:06
Last Modified: 28 Dec 2023 06:06
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83612

Actions (login required)

View Item View Item