Perlindungan hukum dalam perjanjian kemitraan antara PT Danamas Insan Kreasi Andalan dengan mitra (sales) dihubungkan dengan Pasal 34 undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah

Rinsyad, Almapitta (2023) Perlindungan hukum dalam perjanjian kemitraan antara PT Danamas Insan Kreasi Andalan dengan mitra (sales) dihubungkan dengan Pasal 34 undang-undang nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil Menengah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (433kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy

Abstract

Perjanjian kemitraan merupakan sebuah landasan ikatan bagi hubungan kemitraan. Unsur dalam perumusan perjanjian kemitraan tidak hanya berkaitan dengan hal-hal yang wajib dituangkan, tetapi juga unsur larangan yang harus ditaati. Rumusan Pasal 34 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 dibuat merujuk pada hal-hal yang diwajibkan dan dilarang ada dalam perumusan perjanjian kemitraan. Salah satu larangannya adalah larangan perjanjian kemitraan yang membuat adanya ketergantungan antara Usaha Mikro, Kecil, Menengah terhadap Usaha Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Analisis implementasi Pasal 34 Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil, Menengah dalam perjanjian kemitraan PT. Danamas Insan Kreasi Andalan; (2) Kendala-kendala hukum dalam implementasi Pasal 34 (3) Upaya-upaya hukum yang dapat dilakukan dalam implementasi Pasal 34 tersebut. Teori besar penelitian ini adalah teori perlindungan hukum. Teori kepastian hukum sebagai teori menengah, dan teori keadilan hukum sebagai teori penerapan hukum ke dalam peraturan perundang-undangan. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis normatif dengan metode deskriptif analisis serta menggunakan teknik studi kepustakaan, yaitu membaca, mengkaji, mengeluarkan, hingga menganalisis Pasal 34 Undang-Undang No. 20 Tahun 2008 terhadap pelaksanaan perjanjian kemitraan antara PT. Danamas Insan Kreasi Andalan dan Mitra (sales). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan fakta, pelaksanaan perjanjian kemitraan di PT. Danamas Insan Kreasi Andalan masih tidak sesuai dengan klausa dalam perjanjian. Rumusan perjanjian kemitraan masih belum mengedepankan prinsip kemandirian Usaha Mikro Kecil Menengah; (2) kendala hukum dalam implementasi Pasal 34 ini, bahwa baik Mitra maupun PT. Danamas Insan Kreasi Andalan masih kurang pengetahuan mengenai asas kemandirian Usaha Mikro, Kecil, Menengah; (3) Upaya-upaya hukum yang dapat dilakukan oleh kedua belah pihak adalah melalui penyelesaian sengketa non litigasi dan melalui fungsi pengawasan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: UMKM;Kemitraan;Outsourcing;Sales;Mitra;Perjanjian
Subjects: Private Law > Contracts
Private Law > Organizations, Associations Law
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Almapitta Alma Rinsyad
Date Deposited: 29 Dec 2023 01:59
Last Modified: 29 Dec 2023 01:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83664

Actions (login required)

View Item View Item