Pengaruh kebiasaan menonton drama korea terhadap akhlak siswa : Penelitian pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya Pangandaran

Khoerurrahmah, Annisa (2023) Pengaruh kebiasaan menonton drama korea terhadap akhlak siswa : Penelitian pada siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya Pangandaran. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya drama korea di indonesia, terutama dikalangan remaja. Drama korea merupakan output budaya korea yang telah berhasil menyebar di beberapa negara di dunia. Inilah alasan mengapa banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan serial drama korea selatan, termasuk mengunduhnya. Penyalah gunaan dan penggunaan media massa secara berlebihan bagi kalangan masyarakat terutama para pelajar dapat memberikan pengaruh negatif . Berdasarkan hasil observasi diperoleh informasi bahwa siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya menggemari drama korea, bahkan beberapa dari mereka biasa menghabiskan 5 jam dalam sehari hanya untuk menonton drama korea. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) untuk mengetahui realitas kebiasaan menonton drama korea siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya; (2) untuk mengetahui realitas akhlak kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya; (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kebiasaan menonton drama korea terhadap akhlak siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Mangunjaya. Metode ini menggunakan metode penelitian korelasi (corelation),yaitu penelitian yang di maksudkan untuk mengetahui ada dan tidaknya hubungan atau pengaruh antara dua variabel atau lebih. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan bantuan Microsoft Excel dan SPSS. Sample yang digunakan berjumlah 50 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari kebiasaan menonton drama korea terhadap akhlak siswa. Dengan nilai korelasi/hubungan (R) yaitu sebesar 0,298. Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,89 yang berarti bahwa pengaruh variabel bebas. Dengan demikian dapat diindentifikasi bahwa hasil perhitungan besarnya pengaruh Kebiasaan Menonton Drama Korea (X) terhadap variabel terikat Akhlak Siswa (Y) adalah sebesar 8,9%. Dengan demikian diperkirakan terdapat 91,1% faktor lain yang mempengaruhi Akhlak siswa yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh; kebiasaan menonton; drama korea; Akhlak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: khoerurrahmah Annisa
Date Deposited: 29 Dec 2023 04:41
Last Modified: 29 Dec 2023 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/83676

Actions (login required)

View Item View Item